PENDIDIKAN

Contoh Negara New Zealand, Program Pangling 13 Ulu Masuk TOP 21 Besar Kemenpan-RB.

ASSAJIDIN.COM  – Termotivasi dari sistem pembelajaran dari Negara New Zealand dalam memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat di perkampungan, Program kampung pandai 13 Ulu masuk TOP 21 Penanganan Covid19 kategori masyarakat Sipil.

Program kampung pandai 13 Ulu bergerak pada Program Penyuluhan Keliling Anak (Pangling). Program tersebut mengikuti ajang Inovasi Pelayanan Publik, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Najmah selaku penggarap Kampung Pandai 13 Ulu mengungkapkan program pangling mendapatkan peringkat kedua setelah Kabupaten Bantul Yogyakarta dalam kategori masyarakat sipil.

Menurutnya, ditengah pandemi saat ini masih banyak anak-anak yang tidak memahami akan penyebaran virus Covid 19 ini. Ia melihat masih banyak terdapat anak-anak bermain di luar rumah tanpa menjaga kebersihan dan memakai masker.

Lihat Juga :  Universitas PGRI Palembang Bakal Buka Prodi Bisnis Digital dan Otomotif

” Nah, maka dari itu kami tergerak, berkeliling mencari kumpulan anak-anak yang sedang bermain, kita beri mereka masker, dan handsanitizer sambil bermain dan belajar bersama,” ujarnya saat ditemui, Kamis(27/08/2020).

Kegiatan berjalan dengan lancar berkat kerjasama bersama rekan – rekan yang berada di Kampung 13 Ulu dalam mengumpulkan dana untuk membeli sabun cuci tangan, handsanitizer, dan juga masker untuk kemudian diberikan kepada anak-anak.

Agar penyuluhan tidak terasa membosankan, ia bersama rekannya mengajak anak – anak bermain, belajar sambil bernyanyi di Kampung Arab Al Munawar yang kebetulan bersebelahan perkampungan.

Lihat Juga :  Seluruh SMP Negeri di Palembang Sudah PTM Senin Nanti

“kita berharap program Pangling dapat menjadi kamoung percontohan serta menginspirasi perkampungan lainnya,”katanya.

Ia mengingatkan, karena pentingnya kesehatan pada anak-anak di masa pandemi Covid19 ini, kita bersama lakukan penyuluban dan sosialisasi.

Sementara itu Boy, Ketua Karang Taruna Kelurahan 13 Ulu juga mengatakan mendukung program yang dijalankan karena program tersebut bermanfaat bagi sesama.

“Tentu kita sangat bangga, kampung kita dikenal hingga nasional, ini menjadi semangat bagi kami kedepan, agar program Kampung Pandai 13 Ulu ini menjadi percontohan,”katanya. (*)

PENULIS: tri jumartini

Back to top button