KALAM

Israel Ubah Masjid Jadi Bar Dunia Bungkam, Turki Ubah” Hagia Sophia” Jadi Masjid Diributkan..?

AsSajidin.com– Keputusan Turki yang mengubah Hagia Sophia menjadi masjid berbuntut panjang. Setidaknya, Amerika hingga Uni Eropa mengutarakan kekecewaannya.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell juga menyebut keputusan itu “disesalkan”.

Bahkan Paus Francis mengecam atas keputusan Turki yang mengubah  ikonis di Istanbul tersebut kembali menjadi masjid. Hampir seluruh Negara di dunia ikut memprotes langkah itu, namun dunia seolah diam ketika Israel mengubah Masjid  Al- Ahmar Palestina menjadi Bar dan aula pernikahan.

Israel mengubah masjid bersejarah umat Islam itu pada 2019 lalu, tapi sejauh ini tidak ada Negara yang memprotes dan menyoroti hal itu

Lihat Juga :  Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Dermawan di Dunia

Dilansir dari serambinews.com, Masjid bersejarah itu diubah menjadi sebuah bar dan aula pernikahan oleh sebuah perusahaan dan namanya diubah dari Masjid Al-Ahmar menjadi Khan Al-Ahmar.

Al-Ahmar adalah salah satu masjid paling bersejarah di kota Arab, yang diduduki oleh geng-geng Yahudi pada tahun 1948, bangunan itu pertama-tama berubah menjadi sekolah Yahudi, kemudian menjadi pusat kampanye pemilihan Likud, kemudian menjadi gudang pakaian sebelum akhirnya diubah menjadi klub malam.

Sekretaris Safed and Tiberias Islamic, Khair Tabari mengatakan ia telah menunggu pengadilan Nazareth untuk mengambil keputusan terkait pengaduan yang ia ajukan meminta Al-Ahmar dikembalikan menjadi Masjid. Dia mengatakan dokumen untuk membuktikan kepemilikan Islam atas masjid adalah sah dan diakui.

Lihat Juga :  3 Amalan Rasulullah SAW Saat Bangun Tidur

Editor : Jemmy Saputera

 

 

Back to top button