KELUARGA

Cara Mudah Memahami Alquran

ASSAJIDIN.COM –Alquran adalah pedoman hidup bagi seluruh manusia, tentulah yang mempunyai kitab tersebut mengetahui kemampuan makhlukNya dan pasti Dia tidak akan mempersulit siapa saja yang mau memahami pedoman hidupnya.

Namun sangat disayangkan ada oknum yang berkata bahwa untuk memahami alquran harus tahu Bahasa arab, nahwu, sharaf, balagha mantiq bayan dll. Akhirnya manusia takut dan malas untuk memahaminya.

Ada beberapa tahapan yang harus diikuti kalau mau memahami alquran dengan mudah

  1. Berniat Ingin Mendapatkan Ridho ALLAH,   

Firman Allah Q.S 2:207

Artinya: Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan

dirinya karena mencari keridaan Allah; dan Allah Maha   Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.

Agar hidup diridhai Allah maka jangan mengikuti hal yang tidak diketahui sumbernya, karena pendengaran dan penglihatan akan diminta pertanggungjawabanya

Firman Allah Q.S 17 ayat 36

Artinya: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak  mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

 

  1. AL QUR’AN Harus DIBACA

Firman Allah Q.S 29 ayat 45

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan           kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan      dirikanlah salat. Sesungguhnya salat       itu        mencegah dari (perbuatan-perbuatan)         keji      dan mungkar. Dan sesungguhnya             mengingat Allah adalah lebih utama. Dan    Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Firman Allah Q.S 96 ayat 1

Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang  menciptakan,

3. AL QUR’AN Harus DITERJEMAHKAN Ke Dalam Bahasanya Masing-masing

Firman Allah Q.S 44 ayat 58

Artinya : Sesungguhnya Kami mudahkan Al Qur’an itu dengan  bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran.

Firman Allah Q.S 14 ayat 4

Artinya : Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan           dengan bahasa kaumnya [779], supaya ia dapat           memberi         penjelasan dengan terang kepada mereka.   Maka   Allah menyesatkan [780] siapa yang Dia            kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang          Dia kehendaki.            Dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Kuasa l     agi Maha         Bijaksana.

Firman Allah Q.S 19 ayat 97

Artinya: Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Qur’an itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatandengannya kepada kaum yang membangkang

 

  1. AL QUR’AN Harus Dipelajari MAKNA Dan ARTI-nya Untuk Dapat MEMAHAMI KANDUNGANnya Dengan Menggunakan Pendengaran, Penglihatan, Hati Dan Pikiran

Firman Allah Q.S 3 ayat 79

Artinya : Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan   kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia       berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.”             Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi  orang-orang rabbani [208], karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap  mempelajarinya.

Firman Allah Q,S 12 ayat 1-2

Lihat Juga :  Biasakan Ajak Anak Sholat dan Berdoa, Orangtua Jadi Role Model Bagi Anak

Artinya : Alif, laam, raa [741]. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Qur’an)  yang nyata (dari Allah).Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an   dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

Firman Allah Q.S 23 ayat 78

Artinya: Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian,   pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur

Firman Allah Q.S 16 ayat 78

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak     mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran,   penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Firman Allah Q.S 32 ayat 9

Artinya: Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya    roh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran,   penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

Firman Allah Q.S 17 ayat 36

Artinya:  Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai  pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan             jawabnya.

Firman Allah Q.S 7 ayat 179

Artinya: Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahanam kebanyakan    dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak   dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka             mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah).             Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi.  Mereka itulah orang-orang yang lalai.

  1. AL QUR’AN Harus DILAKSANAKAN Sesuai Dengan Kesanggupannya Masing-masing

Firman Allah Q.S 61 ayat 2-3

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu                      perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa  kamu mengatakan apa-apa yang tiada  kamu kerjakan.

Firman Allah Q.S 2 ayat 44

Artinya : Mengapa kamu suruh orang lain    (mengerjakan) kebaikan, sedang kamu         melupakan diri (kewajiban) mu sendiri,          padahal kamu membaca Al Kitab      (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir?

Firman Allah Q.S 2 ayat 286

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan        kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan)            yang    diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang             dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya            Tuhan kami, janganlah           Engkau hukum kami jika kami lupa        atau kami tersalah. Ya            Tuhan kami, janganlah Engkau          bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana        Engkau bebankan kepada       orang-orang yang sebelum    kami. Ya Tuhan kami, janganlah           Engkau pikulkan kepada         kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri     maaflah kami; ampunilah kami; dan   rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka     tolonglah kami terhadap        kaum yang kafir”.

Lihat Juga :  Ghibah, dan Cara Melawan dan tidak Terlena dengan Perilaku ini

Firman Allah Q.S 17 ayat 84

Artinya :Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya [867] masing-masing”.   Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang          lebih benar jalannya.

Firman Allah Q.S 64: ayat 16

Artinya: Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu             dan dengarlah serta ta’atlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik          untuk dirimu [1481]. Dan barangsiapa yang dipelihara dari             kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang    beruntung.

  1. AL QUR’AN Harus DISYIARKAN Dan DISEBARLUASKAN

 Firman Allah Q.S 2: ayat 159

Artinya :Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan   apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-    keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kamimenerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab,  mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati,

Firman Allah Q.s 2: ayat 174

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang    menyembunyikan  apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Al Kitab dan  menjualnya dengan harga yang   sedikit (murah), mereka itu sebenarnya tidak memakan (tidak          menelan) ke dalam perutnya melainkan api  [109], dan Allah tidak akan berbicara  kepada mereka pada hari kiamat dan tidak mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang  amat pedih.

 

Firman Allah Q.s 5:ayat 67

Artinya: Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari     Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang     diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-      Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia [430]. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang- orang yang kafir.

Firman Allah Q.s 5:ayat 99

Artinya : Kewajiban Rasul tidak lain hanyalah menyampaikan, dan Allah mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan.

 

Harus Terus Menerus Melaksanakan Butir 1 s/d 6 Sampai Ajal tiba

Firman Allah Q.s 35:ayat 29

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang selalu  membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada  mereka dengan diam-diam dan terang-  terangan, mereka itu mengharapkan  perniagaan yang tidak akan merugi. (*/sumber: disarikan dari tulisan KH Muhammad Haris Ridho Lc dkk)

 

 

Back to top button