PENDIDIKAN

Resiko Penularan Covid-19 Masih Tinggi, Santri Ponpes Alhikmah Tetap Diliburkan

 

AsSAJIDIN.COM —┬áSebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih cukup tinggi. Menghindari keramaian salah satu yang dianjurkan pemerintah. Hal inilah yang menjadi dilema pondok pesantren (Ponpes) saat ini.

Seperti yang diketahui, santri di ponpes berada di lingkungan yang ramai. Seperti menetap di satu asrama yang kamarnya diisi lebih dari empat orang. Bahkan menggunakan kamar mandi dan ruang makan secara beramai-ramai.

Sementara anjuran pemerintah untuk menghindari penularan Covid-19 agar menghindari keramaian. Maka saat ini pemerintah menganjurkan proses belajar mengajar dilakukan secara online dari rumah.

Pimpinan Ponpes Alhikmah 7 Ulu Palembang Rahmad Irwani mengatakan, persoalan Covid-19 menjadi pembahasan akhir-akhir ini. Bagaimana agar para santri tetap mendapatkan pelajaran formal dan pelajaran pesantren juga terhindar dari Covid.

Lihat Juga :  Innalillahi...Guru Budi Kini tak Mengajar Lagi untuk Selamanya

“Saat ini santri kita sudah diliburkan sejak sebelum lebaran dan masih berada di rumah masing-masing,” katanya.

Jika mengikuti sesuai jadwal, masuk ajaran baru akan berlangsung pada 13 Juli nanti. Hanya saja saat ini pihaknya masih mengikuti anjuran pemerintah. “Siswa belajar online atau di kelas nantinya kita ikuti anjuran pemerintah,” katanya.

Kegiatan belajar mengajar di pesantren memang berbeda dengan sekolah lainnya. Para siswa menetap di asrama dan berbaur dengan santri lainnya. “Karena berada di tempat yang sama memang resiko penularannya tinggi,” katanya.

Menurutnya Alhikmah saat ini masih meliburkan para santrinya sementara ponpes lain ada yang sudah mulai masuk. “Jika pun di pesantren tetap di dalam asrama, belajar formal kita tetap ikuti pemerintah, tidak harus di kelas, belajar pesantren seperti kosa kata Bahasa Arab bisa di dalam kamar asrama,” katanya.

Lihat Juga :  Ilmuwan dari 32 Negara Kejutkan Dunia, Nyatakan Virus Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara

Sementara itu, saat ini Ponpes Alhikmah telah melakukan penerimaan murid baru. Tidak seperti sebelumnya, tahun ponpes menerima murid baru lebih sedikit. Proses penerimaan saat ini sudah ditutup dan murid yang sudah daftar ada sekitar 40-60 murid.

“Pertimbangannya karena kondisi saat ini dan dilihat dari fasilitas kita juga, makanya tidak sampai 100 kita terima,” katanya. (*/sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Tags
Close
Close