KOLOM

Edukasi Pajak Hak Semua Golongan

Penulis: Rohma Herlina
Mahasiswi Universitas Pertamina Program Studi Teknik Logistik

Solusi untuk memberikan pemahaman secara merata kepada semua golongan usia melalui program “Sejahtera Bersama Pajak”

PAJAK merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia, dengan membayar pajak maka masyarakat telah ikut aktif berkontibusi untuk mendukung negara dalam segala aspek baik dari bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya. Berdasarkan dengan Pasal 23A UUD 1945 menyebutkan bahwa pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur degan undang-undang.

Hal ini bermaksud bahwa negara akan menggunakan kekayaan rakyat dari pajak sesuai dengan peraturan yang ada dan tidak bertindak sewenang-wenang. Pada dasarnya penerimaan di sektor pajak sangat diperlukan semata-mata untuk mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia. Mengingat akan pentingnya pajak maka perlu dilakukan pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat secara merata dari semua golongan usia mengenai peran dan pentingnya pembayaran pajak.

Namun nyatanya masyarakat indonesia belum sepenuhnya paham mengenai pajak, hal ini dapat terlihat dari jumlah pertumbahan pembayaran pajak yang masih tergolong rendah. Kementrian keuangan mencatat bahwa realisasi penerimaan pajak sampai dengan akhir Juli 2019 hanyak naik sebesar 2,68% secara tahunan.

Pertumbuhan ini hanya mencapai 44,73% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Realita menujukan bahwa setengah saja target APBN pada tahun 2019 belum tercapai dari penghasilan pajak. Ada banyak faktor yang menjadikan masyarakat tidak membayar pajak, salah satu faktor mendasar tersebut ialah pemahaman mengenai pajak serta pengetahuan masyarakat akan peran pajak terhadap kebutuhan mereka.

Lihat Juga :  Ekspedisi Jejak Rasul Dari Jordan, Al Aqsha Hingga Cairo

Rendahnya budaya literasi di indonesia juga menjadi faktor akan kesadaran masyarakat untuk mencari tahu sendiri mengenai perpajakan. Berdasarkan hasil studi dalam “The World’s Most Literate Nations” mengenai tingkat literasi pada 61 negara menyatakan Indonesia sebagai peringkat ke-60, hanya satu tingakatan di atas Negara Republik Botswana. Mengatasi akan hal ini, pemerintah telah melakukan beberapa usaha untuk memberikan edukasi dan pemahaman pajak kepada masyarakat seperti halnya yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) melalui program pajak berututur.

Pajak Bertutur merupakan sarana edukasi pemahaman pajak kepada masyarakat di skala pendidikan formal mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi (PT).

Langkah lainnya yang dilakukan oleh DJP ialah pelatihan dan pembimbingan perpajakan untuk UMKM yang tergabung dalam program Rumah Kreatif, serta masih banyak usaha lainya yang telah dilakukan Oleh pemerintah pusat agar masyarakat melek pajak.

Lihat Juga :  Tanggungjawab Atas Semua Perbuatan

Banyak masyarakat khususnya golongan level pertama yang tidak menyadari akan fasilitas serta infrasturktur yang telah disediakan pemerintah merupakan hasil dari gotong royong masyarkat dalam membayar pajak. Perlu dilakukan sosialisasi secara merata untuk setiap level usia, sehingga gerakan Wajib Pajak harus dipahami untuk semua golongan. Maka dari itu penulis menawarkan solusi untuk memberikan pemahaman secara merata kepada semua golongan usia melalui program “Sejahtera Bersama Pajak”.

Program Sejahtera Bersama Pajak ialah bimbingan edukasi mengenai perpajakan mulai dari pengetahuan dasar, kewajiban pajak, peran pajak, dan lain sebagainnya yang kemudian akan disiarkan di televisi miliki pemerintah maupun swasta di setiap akhir pekan.

Akhir pekan merupakan waktu yang dinilai paling tepat untuk menampilkan program ini dikarenakan pada waktu ini keluarga pada umumnya akan berkumpul menghabiskan waktu bersama dengan menonton televisi. Televisi dijadikan sebagai media dikarenakan kemudahan akses bagi semua level usia dan kalangan ekonomi, sehingga tujuan utama pemerataan edukasi akan tercapai.

Jadi jika pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pajak telah terpenuhi, maka tingkat kepatuhan membayar pajak akan meningkat seiring dengan peningkatan kesadaran pajak pada masyarakat indonesia.
Hidupkan Pajak, Hidupkan Kesejahteraan.(*)

Tags
Close
Close