ALFURQON SCHOOL

Cara Unik Ponpes Alhikmah Gelar Ujian Akhir Sekolah untuk Para Santri

AsSAJIDIN.COM – Ujian akhir sekolah yang sedang berlangsung dimasa pandemi ini. Pondok pesantren Al Hikmah 7 Ulu Palembang menggunakan ujian sistem dalam jaringan (daring) atau online.

Ketua Yayasan Pendidikan Al Hikmah, Ustadz Irwani mengatakan, Ujian daring Ponpes Al Hikmah sudah dimulai sejak tanggal 15 sampai 18 Juni 2020 mendatang.
“Kita buat tiga hari karena mata pelajaran kita padatkan, satu hari ada tiga mata pelajaran untuk diujikan,” katanya saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (17/06/2020).

Uniknya, Ponpes Al Hikmah memberikan toleransi bagi siswa yang tidak mempunyai nomor WhatsApp atau akses Internet dengan mengambil soal ujian besok, (18/06) di Pondok pesantren Al Hikmah langsung.
“Karena kan banyak juga siswa yang tidak memiliki akses tersebut, besok siswa ambil soal kemudian dikerjakan di rumah. Namun, dengan waktu 2 hari saja,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Momentum Ramadhan,Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Pada tanggal 20 Juni 2020 dikembalikan lagi ke Ponpes. Jadi siswa hanya memiliki waktu dua hari untuk mengerjakan semua soal yang diberikan.

“Kita berkoordinasi sama siswa yang memiliki WA agar memberitahukan info kepada siswa yang tak memiliki wa untuk mengambil soal di ponpes,”katanya.

Mengenai perpisahan santri kelas akhir, Irwani mengatakan perpisahan tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTS) ditiadakan dan sangat berbeda dari tahun lalu.
“Biasanya kita menampilkan hiburan siswa diatas panggung, dan lainnya. Namun, senin tadi, kita perintahkan santri datang mengenakan pakaian batik dengan kedua orang tua laku penyerahan surat kelulusan oleh pimpinan pondok dan momen foto bersama para alumni. Dan tidak lupa pula patuh protokol kesehatan,”Katanya

Lihat Juga :  Selalu Berkomitmen Berikan Pengajaran Terbaik Bagi Siswa, Jaga Kepercayaan Orangtua Siswa

Ia berharap, walaupun santri tahun ini merupakan lulusan corona. Harapan besar agar para alumni dapat menjadi pribadi yang lebih baik, membawa nama baik pondok pesantren dan sukses dunia akhirat.
“Semoga Covid19 cepat berlalu agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan semestinya,” tutupnya.(*)

Penulis: tri jumartini

Back to top button