MOZAIK ISLAM

Baznas : Jangan Tunda Bayar Zakat, Mustahiq Cukup Tunggu di Rumah

ASSAJIDIN.COM — Badan Amil Zakatt Nasional (Baznas) Kota Palembang dalam waktu dekat akan membagikan seribu paket lebaran kepada warga yang membutuhkan. “Insya Allah di pekan kedua bulan Mei, kita akan membagikan seribu paket lebaran berupa beras, gandum, mentega, sirup, dan lain-lain. Ini untuk kaum duafa, warga miskin, bagi mereka yang membutuhkan,” kata Kepala Baznas Kota Palembang, Saim Marhadan seperti dikutip dari  Tribun Sumsel.com, Senin (27/4/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana warga yang terdata yang mengambil paket tersebut, tahun ini, warga yang berhak mendapatkan paket lebaran atau istilahnya mustahiq, cukup menunggu di rumah karena petugas Baznas yang akan mengantarkan.

Lihat Juga :  Ayo Sedekah,  Khutbah Jumat terakhir Jelang Ramadhan Masjid Cheng Hoo Palembang

“Kita tahu sekarang pandemi Covid-19, tidak boleh ada keramaian dan kita tidak lagi ngumpulin orang rame-rame seperti tahun lalu,” terang Saim.

Nantinya, lanjut Saim, petugas akan mendatangi rumah warga yang berhak menerima paket lebaran, yang telah didata oleh kelurahan tempat domisili masing-masing. “Iya, penerima paket lebaran sesuai yang terdata di kelurahan,” ucap Saim.

Saim juga mengimbau masyarakat Palembang khususnya golongan ekonomi menengah ke atas atau yang memiliki kelebihan harta, untuk segara menyalurkan bantuan demi membantu sesama.

“Kita mengimbau kepada mereka yang mampu, orang-orang kaya, agar zakat mereka untuk bisa disalurkan ke Baznas. Mari tingkatkan kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Di antaranya ada yang kena PHK karena imbas Corona, sehingga mereka sangat membutuhkan bantuan,” ujar Saim.

Lihat Juga :  Amalan Baik itu, Walau Sedikit Tapi Rutin Dilakukan

“Kalalu mau bayar zakat fitrah bisa dimulai dari sekarang. Dan zakat mal, kalau hartanya sudah memenuhi nisab selama satu tahun,” imbuhnya. (*)

Back to top button