KESEHATAN

Demi Kesehatan Bersama Gunakan Masker Saat Aktivitas di Luar Ruangan

ASSAJIDIN.COM — Berdasarkan surat cinta daran Walikota Palembang Harnojoyo nomor 20/SE/Dinkes/2020 tentang penggunaan masker untuk pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka seluruh masyarakat diminta menggunakan masker jenis kain saat aktivitas di luar rumah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, surat edaran itu menindaklanjuti potensi peningkatan perkembangan kasus penyebaran/ penularan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), khususnya di Kota Palembang.

Selain itu juga mulai terjadinya keterbatasan persediaan masker medis untuk tenaga medis,maka diperlukan langkah-langkah bersama untuk pencegahan penyebaran/ penularan Covid-19.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini Pemerintah Kota Palembang menghimbau agar setiap orang selalu menggunakan masker ketika berada atau melakukan kegiatan di luar rumah, tanpa kecuali. “Menggunakan jenis masker kain minimal 2 (dua) lapis yang dapat dicuci,” katanya, Rabu (8/4/2020).

Lihat Juga :  Dr Farah Roslan Ciptakan Jilba Steril Sekali Pakai untuk Keperluan Medis di Inggris

Lalu, secara rutin mencuci masker kain yang digunakan/ dipakai tiap hari. Tidak membeli dan/atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker medis diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. “Dapat membeli atau membuat sendiri masker kain dua lapis sesuai kebutuhan,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengutamakan tetap berada di rumah saja bila tidak ada keperluan yang penting, tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, menghindari tempat umum, keramaian, ruang publik dan menerapkan jaga jarak (social distancing).

Diimbau juga untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun. “Bagi yang ingin membantu masker untuk sesama warga, maka dapat membantu dengan mengadakan/ memproduksi dan membagikan masker jenis kain,” katanya.

Lihat Juga :  JCH Diimbau tidak Berswa Foto dengan Onta, Resikonya ini

Para Camat dan lurah melakukan sosialisasi/ himbauan secara intensif dan persuasif dengan melibatkan peran Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dan unsur terkait Iainnya agar warga mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan selalu menggunakan masker saat melakukan aktifitas di luar rumah. (*/Sumber: maklumatnews.com/kamayel Ar-Razi).

Tags
Close