SYARIAT

Kunci Hidup Bahagia : Perbaiki Hubungan dengan Allah

ASSAJIDIN.COM — Sufyan bin Uyainah pernah berkata, para ulama di masa silam biasa menuliskan surat pada yang lainnya dengan untaian kalimat berikut:

1. Barangsiapa yang memperbaiki amalam batinnya, Allah pun akan memperbaiki amalan lahiriyahnya.

2. Barangsiapa yang memperbaiki hubungan antara dirinya dengan Allah, Allah akan memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia.

3. Barangsiapa yang beramal demi tujuan akhirat, Allah akan mencukupi urusan dunianya.

Itulah tiga kunci hidup bahagia dunia akhirat. Bagaimana memperbaiki hubungan dengan Allah? kerjakan apa yang disukai Allah SWT. Apa itu? pedomani ayat Quean Surat Ali Imron 133-134 yang terjemahannya :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (133)

Lihat Juga :  Memaknai Al Quran Secara Akal Sehat

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Ayat diatas merupakan ayat yang memberi kabar gembira bagi orang-orang bertakwa yang akan mendapatkan ampunan dari ALLAH dan balasan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Yaitu orang-orang yang gemar bersedekah dikala lapang dan sempit, orang yang menahan marahnya dan mudah memafkan, dan orang yang berbuat kebajikan.

(*/Sumber: Majmu’ Al Fatawa, Ibnu Taimiyah 7/9-10/ facebook KH Abdullah Gymnastiar)

Tags
Close