Uncategorized

Bulan Ramadhan, Sumsel Jadi Tuan Rumah PTQ RRI Tingkat Nasional

Gelar Tiga Lomba, Tilawah, Tausyiah dan Tahfidz

AsSAJIDIN.COM — Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Radio Republik indonesia (RRI) tingkat Nasional ke-51 pada tahun ini. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat diwawancarai seusai memimpin rapat penyelenggaraan PTQ RRI tingkat Nasional ke 51 di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Senin (03/02/2020).

Deru mengatakan, tahun ini Provinsi Sumsel dipercaya untuk menjadi tuan rumah PTQ RRI tingkat Nasional ke 51. “Ya, kepastian Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah PTQ RRI tingkat Nasional ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Sumsel bersama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI,” katanya.

Penyelenggaraan PTQ RRI Nasional ke 51 ini sendiri akan digelar pada 05-10 Mei mendatang atau bertepatan dengan Bulan Ramadhan. “Untuk lokasi penyelenggaraan PTQ RRI Nasional ke 51 ini direncanakan akan digelar di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo Palembang,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, PTQ RRI tingkat Nasional ke 51 ini akan melombakan tiga kategori yaitu tilawah, tausiyah dan tahfidz. “Untuk jumlah peserta kita masih belum tahu, namun yang jelas akan diikuti seluruh provinsi yang ada di Indonesia yang sudah terseleksi,” jelasnya.

Lihat Juga :  Pemprov Sumsel Ajukan Raperda Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol dan 6 Raperda Lainnya

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya juga meminta kepada panitia penyelenggaraan PTQ RRI tingkat Nasional ke 51 ini nantinya dapat juga melibatkan seluruh atau semua pihak┬áseperti pesantren, madrasah dan perguruan tinggi islam yang ada di Provinsi Sumsel. “Selain tiga lomba utama mungkin nanti ada juga acara yang menyertai seperti lomba mubaligh cilik atau lomba antar rumah tahfiz. Sumsel ini punya 500 pesantren, ribuan sekolah madrasah dan perguruan tinggi islam. Semua akan kami libatkan. Saya ingin PTQ ini semarak karena ini adalah syiar agama,” ungkap Deru

Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI, Muhammad Rohanuddin mengatakan, penyelenggaraan PTQ RRI tingkat Nasional ke 51 di Provinsi Sumsel ini menjadi momen berharga bagi pemerintah daerah. Pasalnya, even tersebut bakal disiarkan langsung oleh 104 Stasiun RRI yang ada di seluruh daerah di Indonesia. Sehingga, sangat pas untuk mempromosikan potensi yang dimiliki tuan rumah. “Selain stasiun radio, kami juga memiliki multi-platform, RRInet yang merupakan TV internet dan akan menyiarkan secara langsung setiap momen pada even tersebut. Jadi even ini benar-benar akan mengangkat daerah tuan rumah,” katanya

Lihat Juga :  Building a Gimbal in Rust: An Introduction

Dalam penyelenggaraan nanti, pihaknya siap memberikan sesuatu yang berbeda dalam pelaksanaan PTQ yang menjadi agenda tahunan RRI. “Semua akan kami libatkan, mulai dari Pemda, akademisi hingga penggiat seni islami. Ini adalah spirit yang bagus, saya pikir semangat Indonesia akan lahir dari Sumatera Selatan,” ujar Rohanudin seraya menambahkan bahwa penyelenggaraan PTQ RRI tingkat nasional ke 51 direncanakan akan dipusatkan di Masjid Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikramo Palembang dan akan diikuti lebih kurang 400 peserta hasil seleksi terbaik dari seluruh provinsi. (*/sumber: sibernas/MN)

Tags
Close