Uncategorized

Pembentukan Kabupaten Basemah Ditargetkan Rampung di 2020

ASSAJIDIN.COM –Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Besemah (P2KB) Asfan Fikri Sanaf menargetkan pemekeran wilayah Kota Pagaralam dan beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Basemah akan terwujud pada tahun 2020 mendatang.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pertemuan kepada Wali Kota Pagar Alam dan Bupati Lahat. “Insya Allah tahun depan Kabupaten Basemah ini bisa dimekarkan,” kata Asfan.

Asfan mengatakan mekanisme pembentukan Kabupaten Basemah ini bertemu dengan Gubernur Sumsel dan pemilik wilayah yang dalam hal ini Wali Kota Pagar Alam dan Bupati Lahat.

Lihat Juga :  Sidak Pasar, Wawako Kaget Ada Pedagang Sewakan Lapak

Kemudian, melakukan studi pemekaran wilayah, melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan DPR RI. “Kami sudah bertemu dengan Gubernur Sumsel Herman Deru dan beliau setuju pemekerawan wilayah ini dan studi juga telah dilakukan. Kami sebentar lagi bertemu dengan pemimpin wilayah bersangkutan, setelah itu baru kami menghadap Mendagri dan DPR untuk melobi agar Kabupaten Basemah segera terwujud,” ujarnya.

Pemekaran Kabupaten Basemah ini juga untuk mengembalikan topografi Basemah yang sudah ada. Menurutnya, sejarah panjang Basemah sejak masa sebelum Indonesia merdeka menjadi bukti bila masyarakat Basemah memiliki sejarah panjang dengan wilayahnya. “Penggabungan ini untuk memudahkan dan memberdayakan Basemah.

Lihat Juga :  Cegah Macet, Kapolresta Palembang Tempatkan Personil di Kawasan Jembatan Musi IV

kabupatennya nanti Tanah Basemah, Ibu kotanya pagaralam. Itu kita marger menjadi Basemah. Jadi di dalamnya itu akan ada 9 kecamatan yakni Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Muara Payang, Tanjung Sakti PUMU, Tanjung Sakti PUMI, Kota Agung, Tanjung Tebat Dan Mulak,” katanya. (*/SUMBER: SIBERNAS/MN)

Back to top button