NASIONAL

Tak Perlu Dirayakan, Malam Tahun Baru di Rumah Saja

AsSAJIDIN.COM — Meski kasus Covid-19 varian Omicron belum terdeteksi ada di Sumatra Selatan, namun beragam upaya dilakukan untuk mencegah masuknya varian tersebut. Salah satunya dengan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat secara intensif agar dapat menekan penambahan kasus Covid-19 baru dan juga mencegah Omicron.

Gubernur Sumsel Herman Deru pun meminta kepada mayarakat untuk tidak euforia dan menyambut pergantian tahun baru di lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Bahkan Herman Deru meminta agar semua masyarakat Sumsel cukup merayakan pergantian tahun baru di rumah saja.

“Dirumah saja saat malam pergantian tahun baru, hindari tempat kerumunan. Covid-19 masih ada dan juga diimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas diluar rumah. Kalau mau keluar, pastikan protokol kesehatan tetap diutamakan. Ingin sehat taati prokes,” ujar dia, Kamis (30/12/2021).

Lihat Juga :  Herman Deru Kurban Sapi "Bule" Dampingi Sapi Ongole Kurban Jokowi, akan Disembelih Panitia Kurban Masjid Agung

Ia menjelaskan, pihaknya pun menggencarkan vaksinasi agar herd immunity terbentuk. Ini sebagai salah satu upaya mencegah penambahan Covid-19 dan mencegah Omicron. “Saat ini Sumsel capaian vaksinasi tercatat 75,2 persen. Ini sebagai upaya kita agar herd immunity terbentuk. Harapan kita begitu, tapi jangan lalai dengan masker dan prokes harus ketat. Apalagi Omicron kini terus berkembang dan menyebar,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy mengatakan, pihaknya tetap meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah Omicron di Sumsel. “Jadi walau libur Natal dan Tahun Baru, kita tetap meminta agar masyarakat tetap jaga prokes,” ucapnya.

Lihat Juga :  Ini Nama-nama 200 Mubalig Rujukan Kemenag, Sejumlah Dai Kondang Masuk Daftar, tapi Ustad Abdul Somad Tidak

Untuk mencegah Omicron masuk ke Sumsel, pihaknya selalu aktif mengambil sampe untuk mengawasi ada tidaknya penyebaran Omicron di Sumsel. “Sampai saat ini belum ada kasus Omicron di Sumsel. Dan syukurnya sudah beberapa hari ini kita nihil penambahan kasus baru Covid-19. Ini yang kita pertahankan,” jelasnya.

Sebagai upaya antisipasi juga, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 di Sumsel. “Meski target kita sudah tercapai namun kita terus berupaya agar capaian vaksinasi di Sumsel bisa mencapai 100 persen, sehingga herd immunty segera terbentuk di Sumsel,” pungkasnya. (MN)

Back to top button