LIFESTYLEPALEMBANG EMAS

Tak Indahkan Ayat Alquran Tentang Jahatnya Miras, Seorang Pemuda Kalap dan Bertindak Kriminal

AsSAJIDIN.COM  –  Bahaya minuman keras (miras) sudah jelas-jelas disebutkan dalam Alquran serta hadist. Tapi hanya manusia yang berpikir, yang tunduk patuh kepada aturan Allah yang mau mendengar. Bagi yang tidak mengindahkannya, tunggulah akibatnya. Tidak di dunia, di akhiratpun akan tercatat dan mendapat balasannya.

Q.S. Al-Maidah: 90-91

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْاَنْصَابُ وَالْاَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطٰنِ فَاجْتَنِبُوْهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

اِنَّمَا يُرِيْدُ الشَّيْطٰنُ اَنْ يُّوْقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاۤءَ فِى الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ وَعَنِ الصَّلٰوةِ فَهَلْ اَنْتُمْ مُّنْتَهُوْنَ

Pada ayat 90 tersebut, Allah swt. berfirman “fajtanibuuhu/maka jauhilah” yang menekankan keharaman khamr dan hal-hal yang disebutkan di dalam ayat. Allah swt. dengan tegas menunjukkan keharaman untuk mendekati minuman keras, apalagi mengonsumsinya.

Kedua: Hadis riwayat Imam Muslim dari Ibnu Umar r.a.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ، وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ» (رواه مسلم)

Lihat Juga :  Memaafkan dan Meminta Maaf Menurut Alquran dan Hadist

Dari Ibnu Umar r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Setiap hal yang memabukkan itu khamr, dan setiap yang memabukkan itu haram.” (H.R. Muslim)

Peringatan itu tidak berlaku bagi seorang pemuda bernama Kevin (22). Akibat ketagihan miras, Kevin diamankan Reskrim Tim Belut Polsek Gandus Palembang. Warga Jalan Lettu Karim Kadir Waringin Laut Kecamatan Gandus Palembang lantaran kerap mencuri

“Ya benar, kami menangkap tersangka yang kerap kali melakukan pencurian,” kata Kapolsek Gandus Palembang AKP Willian Harbensyah didampingi Kanit Reskrim Iptu Hermansyah, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan saat anggota datang, ketiga pelaku sedang berkumpul dan diduga akan kembali melakukan aksinya. Dari tiga, hanya satu orang yang kami amankan. Dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri.

“Selain itu sari koordinasi dengan Polda Sumsel, satu pelaku lagi akhirnya ditangkap Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel. Saat ini, masih satu lagi pelaku yang jadi buronan,” ujarnya.

Lanjutnya, mereka ini sudah sangat meresahkan masyarakat. Selalu beraksi, terutama di rumah-rumah warga.

Lihat Juga :  Nasihat untuk Kita yang Biasa-biasa Saja

Tersangka yang kerap kali melakukan pencurian bersama dua temannya, berhasil membawa barang baik itu barang berharga di dalam rumah maupun baterai tower selular.

“Terakhir, ia dan kedua temannya melakukan pencurian rumah di Jalan Lettu Karim Kadir Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus Palembang pada 9 Januari 2020 lalu,” jelasnya.

Sementara itu tersangka saat diamankan di Polsek Gandus Palembang mengakui perbuatannya. “Kami terakhir dua kali bongkar rumah dan baterai tower. Selain untuk bongkar rumah Yang pertama barangnya sudah kami jual, uangnya habis untuk beli miras,” katanya.

Tersangka dan kedua temannya, memilih rumah atau tower selular yang menjadi incarannya. Mereka berbagi tugas untuk mengambil barang berharga di dalam rumah.

Menurutnya Namun satu rumah dan tower selular yang mereka bobol, barang-barangnya belum sempat mereka jual. Sehingga, ketika tertangkap barang bukti di rumah Alvin ditemukan.

“Mau senang-senang saja sisanya untuk beli minuman tidak ada uang. Makanya mencuri, apa saja yang bisa dicuri kami curi,” ungkapnya.(*/sumber: sibernas/deny w)

Tags
Close