Uncategorized

Berhijablah Sesuai Syariah, Jangan Asal Mau Gaya


AsSAJIDIN.COM — Dalam Agama Islam, Allah SWT memerintahkan pada kaum wanita untuk memelihara dan menutup auratnya.Cara menutup aurat ialah menggunakan hijab.Allah SWT berfirman ‘’Hai Nabi-nabi ,Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab : 59).

Dikutip dari  muslimah.or.id, Ibnu Hazm Rahimahullah mengatakan, “Jilbab menurut bahasa Arab yang disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pakaian yang menutupi seluruh badan, bukan hanya sebagiannya.” Sedangkan Ibnu Katsir mengatakan, “Jilbab adalah semacam selendang yang dikenakan di atas khimar yang sekarang ini sama fungsinya seperti izar (kain penutup)

Lihat Juga :  Kemuliaan Kalimat Tauhid

​Di era sekaraang perkembangan fashion dunia juga mempengaruhi gaya berhijab wanita muslimah.Banyak kaum muslimah yang memodifikasi penampilan hijabnya dengan menambahkan aksesoris untuk enak dipandang dan memakai pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh,serta hijab yang pendek dan tipis.

​Mengenai hal ini,Ustadzah Salama salah satu pengurus TK Al-Qur’an Darussa’adah yang dimintai tanggapan  tentang hijab kekinian, mengatakan bahwa hijab dalam islam yang sesungguhnya ialah hijab yang menutupi dada dan hijab yang seperti diikat bukan dikatakan hijab.

‘’Hijab adalah hal yang wajib bagi muslimah,dan hijab kekinian yang diikat seperti kebanyakan muslimah sekarang serta ada yang kelihatan rambut bukanlah hijab yang sesungguhnya dalam islam melainkan kerudung,’’ujarnya ketika di Masjid Darussa’adah pada Jum’at(10/1/20).

Lihat Juga :  Mengapa Shalat Ada yang Dilakukan dengan Suara Nyaring, Ada juga yang Hening?

​Ditambahkannya hijab sesungguhnya dalam islam ialah hijab yang yang sesuai syariah, yang hanya memperlihatkan wajah dan telapak tangan,serta hijab yang masa kini hanya untuk kepentingan gaya saja.

​‘’Banyak sekali muslimah sekarang yang memakai hijab hanya untuk kepentingan gaya saja,dan mirisnya kebanyakan mereka mengikuti fashion saja mengetahui makna hijab dalam sesungguhnya,” ujarnya. (*)

Kontributor : Lili Oktariani

Close