MOZAIK ISLAM

Mobile Quran Sarana Relawan Bagikan Kebahagiaan Bagi Anak-anak Korban Banjir Bandang di Lahat

AsSAJIDIN.COM — Tim Relawan SIGAB PPPA Daarul Qur’an Palembang mengadakan upaya trauma healing yang dikemas dalam program Mobile Qur’an.

Mobile Qur’an (MOQU) adalah program edukasi dinamis berbasis teknologi dan story telling dan tahfidzul Quran untuk masyarakat melalui dongeng yang berbasis multimedia.

Kegiatan MOQU dilaksanakan belum lama ini di dalam Masjid At-Taqwa Desa Keban Agung. Desa ini merupakan salah satu desa yang terkena dampak dari bencana banjir bandang yang terjadi pada tanggal 31 Desember 2019 lalu.

Relawan MOQU, Yulia dan Novia sangat apik membuka kegiatan. Di awali ice breaking ringan, dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh salah satu anak dari desa tersebut. Kemudian, acara inti yaitu dongeng yang dibawakan oleh Relawan Novia menggunalam boneka Hafidz dan Hafidzah sebagai media edukasi bagi anak-anak yang tertimpa bencana.
Dongeng tersebut mengisahkan tentang Kesabaran dalam menghadapi musibah. “Musibah adalah ujian bagi keimanan seseorang sebagaimana tercantum dalam Q.S. Muhammad [47]: 31. Semakin berat ujian yang dialami seorang hamba, maka Allah hendak mengangkat derajatnya lebih tinggi karena keimanannya akan meningkat”.

Lihat Juga :  Yuk, Ramaikan Gersena 27 April 2019

Setelah memberikan suntikan semangat, motivasi dan juga pesan moral kepada sekitar 40an anak desa Keban Agung yang tertimpa bencana.

Lalu, Relawan mengajak para anak-anak untuk bermain bersama, mulai dari bermain tepuk hebat, tepuk semangat, tebak angka, bola ajaib, team building, pindah tempat, tebak gaya, dan lain sebagainya.
Relawan juga mengadakan Quiz seputar Al-Qur’an seperti tebak Surah, sambung Ayat, Ranking 1 dan Hafalan Surah, dimana sebagai penyemangatnya Relawan memberikan hadiah berupa buku buku islami.

Diakhir acara, Relawan mengajak para anak anak untuk berdoa dan bersholawat bersama serta tidak henti hentinya melafadzkan takbir (Allahuakbar) sebagaimana penguatan yang relawan lakukan agar para korban yakin dan percaya bahwa Allah Maha Besar.

Lihat Juga :  Alhamdulillah, Jemaah Musala Annur Citra Damai II Kurban 10 Sapi dan Dua Kambing

Kegiatan berjalan dengan kondusif, beberapa anak yang awalnya sedih karena kehilangan rumah menjadi ceria kembali karena telah bermain bersama. Setidaknya, Relawan menanamkan rasa syukur dalam diri anak anak tersebut. Karena apapun yang terjadi adalah Kuasa Allah SWT.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan berpamitan. Semua anak antusias dan mereka berharap dapat bermain kembali bersama sama.

Setelah melaksanakan kegiatan MOQU, Relawan merasa senang karena bisa tertawa bersama, mengukir senyum diwajah para korban bencana dan berbagi kebahagiaan. Karena bahagia bukan tentang harga, melainkan tentang rasa. (*/Sumber: Rilis Humas PPPA Daarul Quran)

Tags
Close