NASIONAL

Hari Amal Bakti Kemenag ke 74, ini Enam Pesan untuk Jajaran Kemenag

ASSAJIDIN.COM –Gubernur Sumsel H. Herman Deru menjadi inspektur upacara pada upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-74 tahun 2020 di Halaman Pemda Provinsi Sumsel, Jumat (3/1) pagi.

Dalam kesempatan itu, Deru mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama Provinsi Sumsel untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

“Kerukunan Umat beragama merupakan modal kita untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” tutur Deru saat membacakan sambutan Menteri Agama.

Selain itu, ada enam hal yang harus diperhatikan jajaran Kementerian Agama. Pertama memahami sejarah Kemenag serta regulasi, tugas dan fungsi Kemenag dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kemenag di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Ketiga, menanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemulian.

Keempat memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat.

Lihat Juga :  Saksi Gempa Lombok : Robohnya itu Bergelombang, Jatuh Besar-besaran, Waspada Gempa Susulan

Selanjutnya, merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan, dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang memperhatikan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Terakhir atau keenam, mengimplementasikan visi dan misi pemerintah dalam program kerja Kemenag di semua unit kerja pusat, daerah, dan perguruan tinggi keagamaan. “Saya meminta segenap aparatur Kemenag untuk memberikan seluruh kemampuan saudara untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kemenag,” tegasnya.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi ditemui usai apel mengaku bersyukur dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Agama telah meraih sejumlah capaian dalam reformasi birokrasi, seperti tercermin antara lain dari kenaikan penilaian mandiri reformasi birokrasi. Juga indeks kepuasan publik atas pelayanan haji dan pencatatan nikah yang terus meningkat.

Dalam kesempatan itu, Fajri juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sumsel, serta semua instansi terkait atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini. Fajri berharap dan optimis, kerjasama dan kebersamaan itu dapat semakin ditingkatkan di masa mendatang.

Lihat Juga :  Bacakan Poin ke Lima Sukmawati Menangis: Saya Minta Maaf kepada Umat Islam

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Gubernur H. Herman Deru. Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh FKPD, senior-senior kami di Kementerian Agama, para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat, serta seluruh undangan yang pada hari ini berkenan menyempatkan diri untuk hadir,” kata Fajri.

Upacara HAB Kemenag ke-74 di Sumsel sendiri diikuti peserta dari berbagai unsur seperti siswa madrasah negeri, guru dan pegawai madrasah, serta pegawai Kanwil dan Kemenag Kota Palembang. Tamu undangan yang hadir antara lain FKPD Provinsi Sumsel, OPD Provinsi Sumsel, tokoh lintas agama, pensiunan Kemenag, dan dharma wanita persatuan Kemenag Sumsel.

Upacara HAB juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Juga pemberian penghargaan kepada madrasah dan siswa berprestasi. Selain itu, Kakanwil juga mendapat penghargaan atas prestasi Kanwil Kemenag Sumsel meraih Peringkat I Nasional Keterbukaan Informasi Publik dengan kategori Menuju Informatif, yang diserahkan Gubernur atas nama Menteri Agama. (*/SUMBER: HUMAS KEMENAG SUMSEL)

Tags
Close