MOZAIK ISLAM

Wakaf dan Sedekah dalam Keadaan Sempat dan Sempit Menghantarkan Surga Bersama Keluarga

ASSAJIDIN.COM  – Gelombang wakaf merupakan sebuah gerakan yang mengalirkan sebuah kebaikan untuk Indonesia yang berkelanjutan dengan mengedukasi tentang wakaf produktif.

CWO Rumah Zakat Soleh Hidayat mengatakan untuk mengajak masyarakat khususnya dimulai dari Sumatera Selatan untuk berwakaf.

“Wakaf mempunyai dampak yang sangat besar manfaatnya, bukan satu dua orang, tetapi menjangkau semua lapisan sampai akhir zaman,” katanya saat menyampaikan materi.

Soleh mengatakan setiap umat manusia pasti menjumpai kematian, yang diinginkan hanyalah masuk ke surga Allah bersama keluarga. Bercermin pada QS. Ali Imran :133 ada tiga amalan yang menghantarkan kita ke surga seluas bumi dan langit bagi orang-orang yang bertaqwa.
“yaitu orang yang berinfak di waktu lapang ataupun sempit, orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Ditegaskan dalam ayat tersebut
Pertama, orang-orang yang berinfak di jalan Allah, Atau dengan kata lain, orang yang bisa tetap dermawan dalam kondisi apa pun, mewakafkan harta di jalan Allah merupakan wakaf jariyah,”katanya saat memberikan materi pada Roadshow Gelombang Wakaf, Sabtu (21/12/2019) di Ballroom Hotel Grand inna.

Lihat Juga :  Peralatan Baru untuk Rumah Quran Bahagiakan Andika dan Teman-temannya

Ia menambahkan, Jika kita sedang dalam posisi yang termasuk orang yang berkecukupan, barangkali untuk menyisihkan sebagian harta kita tidak akan mengalami kesulitan. Tapi, jika kondisi ekonomi kita sedang terjepit, biasanya kita harus berpikir panjang dulu untuk berbagi dengan orang lain.

Sehingga, pantas ketika Allah melalui ayat ini menegaskan bahwa orang yang akan mendapatkan surga nanti adalah orang yang tidak hanya dermawan ketika sedang memiliki rezeki yang banyak, tapi juga bisa dermawan walau sedang mengalami kesulitan ekonomi.

Banyak sekali manfaat berwakaf selain untuk diri sendiri, melainkan orang banyak bahkan lingkungan sekitar kita.(*)

Lihat Juga :  Kisah Nabi Muhammad SAW (2) : Masa Kecil hingga Remaja

Penulis : tri jumartini

Back to top button