SUMSEL

Ruang Publik dan Perkantoran Wajib Sediakan Fasilitas Bagi Kaum Disabilitas

ASSAJIDIN.COM –Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengakui bahwa fasilitas untuk kaum disabilitas di Bumi Sriwijaya masih minim. Maka dari itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bakal mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) bagi penyandang disabilitas.

“Ya, memang fasilitas untuk kaum disabilitas di Sumsel itu masih minim, makanya saya akan keluarkan Pergub yang mewajibkan semua fasilitas publik dan perkantoran di Sumsel dapat menyediakan fasilitas ramah bagi disabilitas,” kata Herman Deru saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Kampanye Hak-Hak Penyandang Disabilitas Tahun 2019 di Griya Agung, Kota Palembang, Selasa (3/12/2019).

Herman mengatakan Pergub bagi penyandang disabilitas akan rampung pada akhir Desember 2019 ini. Pihaknya telah meminta perkantoran/instansi yang ada harus juga menyediakan fasilitas bagi disabilitas. “Perkantoran atau instansi harus menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, area publik hingga sarana transportasi harus disediakan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Kemenag Sumsel Perkenalkan Studio Mini, Ngobrol Apapun terkait Layanan Publik Bisa di Sini

Pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, Pemprov Sumsel tidak membatasi penerimaan CPNS dari penyandang disabilitas. Meskipun dalam hal-hal tertentu ada kemungkinan formasi yang tidak bisa dilamar oleh penyandang disabilitas seperti pengemudi mobil, sekuriti ataupun lainnya. “Pengecualiannya hanya pada cacat fisik tertentu saja tetapi untuk bidang seperti IT siapapun bisa direkrut dengan kemampuan mereka,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sumsel, Rosyidin Hasan melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Leni Triana mengatakan berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah penyandang disabilitas di Sumsel mencapai 10.003 jiwa. “Untuk jumlah penyandang disabilitas di Sumsel ini sebanyak 10.003 jiwa dengan rincian sebanyak 3.300 anak dan 6.703 dewasa,” katanya singkat (MN)

Tags
Close