KELUARGA

Tiga Kunci Penting dalam Memulai Aktivitas

ASSAJIDIN.COM —Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan dalam hadist akan urgensi daripada niat, dengan sabdanya:

“Sesungguhnya seluruh amal ditentukan oleh niatnya dan hanya saja setiap orang bergantung pada niatnya.” (HR. Muttafaqun alaihi)

Dalam berbuat baik apapun, niatan utamanya adalah karena Allah SWT saja. Sehingga konsekuensinya adalah muslim akan selalu memulai aktivitasnya dengan dzikir kepada Allah, dan itu dimulai kala hendak berangkat beraktivitas setidaknya dengan membasahi lisannya dengan doa keluar rumah dan doa bepergian.

 

Karakter berikutnya adalah bersikap jujur dan amanah, karena pada hakekatnya apapun perbuatan baik yang dilakukan merupakan amanah, baik secara duniawi dari atasannya atau pemilik usaha, maupun secara duniawi dari Allah yang pada saatnya akan dimintai pertanggungjawaban.

Lihat Juga :  Pernah Dengar Amalan tak Dihitung Usia 70 Tahun ke Atas? Ini Penjelasan Ulama Berdasarkan Alquran

Karakter selanjutnya adalah senantiasa menjaga etika sebagai Muslim karena itu Rasulullah SAW menyatakan bahwa beretika baik merupakan ciri kesempurnaan iman seorang mukmin, sebagaimana sabdanya yang artinya:
“Sesempurna-sempurnanya keimanan seorang mu’min adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu.” (QS. Muhammad, 47: 33). (*/Sumber: lampu islam)

Tags
Close