PENDIDIKAN

Senangnya Anak-anak Disabilitas dan ABK Seharian Belajar di Luar Kelas

AsSAJIDIN.COM — Puluhan siswa disabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SD Negeri 30 Palembang berbaur bersama siswa normal untuk belajar. Menariknya, mereka tak belajar di ruang kelas tapi di ruang terbuka.

Ternyata mereka tengah memperingati seharian belajar di luar kelas yang diperingati di Indonesia dan dunia  dengan konsep belajar games tradisional dan menyanyi lagu-lagu nasional.

Kepala SD Negeri 30 Nuraini SPd, MSi mengatakan, pada hari ini pihak sekolah sengaja memberikan suasana berbeda kepada siswa. Mereka untuk hari ini tidak masuk ke dalam kelas untuk belajar sebagaimana mestinya.

Mereka hanya akan melakukan aktivitas belajarnya di luar kelas dengan diisi berbagai kegiatan yang pastinya disukai oleh siswa.

“Semua Guru menyambut siswa melalui Senyum, Sapa, Salam (3S) kemudian dilanjutkan siswa menyanyikan Lagu Indonesia Raya, lagu Palembang Emas, cuci Tangan sebelum makan, Sarapan Sehat, Baca Buku didalam perpustakaan, menggambar diluar kelas, senam dan permainan tradisional seperti,bermain congklak, cekingkling,yeye dan masih banyak lagi,”ujar Nuraini, Kamis (7/11/2019).

Lihat Juga :  Beasiswa Penuh bagi Penghafal Al-Qur'an 30 Juz untuk Kuliah di Univ Sains Quran Wonosobo

Ia menambahkan bahwa refreshing bagi mereka tertuang dalam memperingati hari anak nasional secara serentak. Belajar di luar kelas merupakan Kampanye Global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas dengan mengintegrasikannya kedalam proses pembelajaran dengan mengusung berbagai tema.

“Diantaranya perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta melestarian permainan tradisional,”urainya.

Lebih lanjut Nuraini menambahkan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan dalam rangka mendukung penerapan sekolah ramah anak.

“Dan tujuan dari kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas yang dilaksanakan seluruh dunia ini adalah untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran yang lebih menyenangkan.Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 07:00 – 10:00 WIB secara serentak,”pungkasnya.

Lihat Juga :  HD Sambut Paskibra Nasional Pulang Kampung, ini Pesan-pesannya

Sementara itu Saskia salah satu siswa SD Negeri 30 Palembang mengatakan, kegiatan belajar dan bermain diluar kelas ini sangat menyenangkan,.

“Kami bisa bermain permainan tradisional bersama teman – teman dihalaman sekolah. Selama ini kami belajar didalam kelas. Hari ini benar-benar menyenangkan, kita selain bisa makan bersama dengan teman teman, kita juga bisa bermain sepuasnya,”pungkasnya. (*/sumber: sibernas/sugi)

Tags
Close