KESEHATAN

Lima Makanan ini Wajib Dikonsumsi Saat Perempuan Haid

ASSAJIDIN.COM — Menstruasi memang mengakibatkan berbagai jenis perubahan tubuh wanita setiap bulannya. Biasanya saat haid tiba, para wanita ingin ngemil yang manis-manis seperti cokelat, martabak, atau kue. Sayangnya, ini tidak selalu baik untuk tubuh wanita saat menstruasi.

Haid atau menstruasi biasanya akan membuat hormon wanita jadi tidak stabil, alias naik turun. Dengan begitu, kebutuhan gizi wanita pun jadi ikut berubah-ubah. Maka, penting untuk menjaga dan memerhatikan makanan dan minuman yang wanita asup sebelum, saat, dan sesudah menstruasi. Ini tidak hanya penting untuk kesehatannya saat haid tapi juga penting untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Berikut merupakan 5 makanan saat haid yang harus Anda tahu.

 

1. Ikan
Ikan salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi saat sedang menstruasi. Kedua ikan ini memiliki banyak asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk merelaksasi otot-otot dalam tubuh saat haid, sehingga nyeri kram pada perut bisa teratasi.

Lihat Juga :  Solehah dan Bermartabat, Poin Penting Kedudukan Perempuan Menurut Alquran dan Hadist

2. Daging merah
Darah yang keluar saat menstruasi ternyata bisa meningkatkan risiko anemia, lho. Ya, untuk mengatasi risiko terkena anemia, ada baiknya makanan saat haid ini dipenuhi dengan kandungan zat besi di dalamnya. Contoh, Anda bisa mengonsumsi daging, susu, ikan, sayuran hijau, atau bahkan sereal gandum untuk mencegah anemia datang di saat haid tiba.

Daging merah ini banyak mengandung zat besi, yang banyak dibutuhkan oleh wanita yang sedang haid. Mengonsumsi daging merah tanpa lemak bersama salad atau sayuran hijau akan membantu meningkatkan stamina dan mengatur aliran haid.

3. Kacang-kacangan
Sangat dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan selama haid. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, walnut, kacang poling, kacang merah, kedelai dan jenis kacang lainnya ini mengandung zat besi yang baik untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Jika dalam makanan yang dikonsumsi kurang kandungan zat besinya, maka tubuh akan terasa lemas, mudah lelah dan kinerja tubuh akan semakin lambat.

Lihat Juga :  Benarkah Keharusan Mengumpulkan Rambut yang Rontok saat Haid?

4. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan zat besi yang diperlukan tubuh dan membantu dalam proses pencernaan selama haid. Kandungan zat besi dan vitamin B pada sayuran hijau juga sangat efektif dalam menjaga siklus menstruasi agar tetap normal.

5. Buah-buahan
Buah mengandung gula alami yang dapat dalam memenuhi kebutuhan gula yang tinggi selama masa menstruasi. Buah terbaik yang dapat dikonsumsi saat haid adalah semangka. Buah ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kram pada perut dan memperlancar aliran darah. Selain itu, buah pisang juga dapat sangat baik dikonsumsi untuk mood yang tidak menentu selama menstruasi. [*/Sumber: islampos]

Back to top button