SUMSEL MAJU

Silaturrahim Akbar Wartawan Era 70-90an di Sumsel, Sekaligus Launching Buku “Wartawan Hebat 789”

AsSAJIDIN.COM — Ratusan wartawan Sumatera Selatan yang bertugas pada tahun 1970, 1980 hingga 1900-an bakal reuni dan bersilaturrahmi dalam kegiatan elar Silaturahim Akbar di Griya Agung Palembang, Kamis, 21 November 2019 mendatang.

“Persiapan sudah kami lakukan dengan matang. Termasuk materi buku Wartawan Hebat 789 juga sudah hampir finishing,” ujar Iklim Cahya Ketua Panitia kegiatan didampingi Ketua Tim Editor Syahril Fauzi dikutip dari Swarnanews di Palembang, Selasa (22/10/2019).

Menurut Syahril buku yang akan diterbitkan tersebut berupa profile wartawan Sumsel baik angkatan tahun 70, 80 hingga 90-an.

Syahril mengemukakan, penyajian buku ini diupayakan enak dibaca dengan kisah-kisah kewartawanan yang mengalir. Dari daftar inventarisasi di Sumsel terdapat 450-an wartawan. Namun pada kesempatan reuni kali ini baru 127 orang pewarta yang mengirimkan tulisannya untuk diterbitkan pada buku yang berfungsi sebagai memory, kisah perjuangan hingga pandangan para wartawan tersebut menghadapi masa depan.

Perhelatan akbar tersebut awal mulanya merupakan gagasan wartawan senior Zainal Pilliang yang pernah hadir pada kegiatan serupa di Padang Sumatera Barat.

Lihat Juga :  DPC AJOI Kota Pagaralam Terima Penghargaan dari Kapolres

“Saya jadi terpacu setelah hadir pada kegiatan tersebut. Lalu mengajak kawan-kawan wartawan di Sumsel untuk mewujudkan acara serupa di Palembang,” ujar mantan wartawan Sripo ini.

Apa yang menjadi gagasan pria yang akrab disapa Uda Pil ini langsung direspon oleh para wartawan senior lainnnya seperti Helmi Apri, Asdit Abdullah, HM.Syarifuddin Basrie, H.Helmi Marsindang.

Bukan hanya mereka para wartawan lain seperti Suharto, Helma Haris, Wenny Ramdiyastuti, H. Salman Rasyidin, Iklim Cahaya, Suprapto Ramadhan, H.Syahril Fauzi, Afdhal A Jambak, Kawar Dante, H. Bangun Lubis, H. Azwir Ahmad, Agus Harizal, H. Alfrenzi Panggarbesi (oji),. H. Aspani Yasland, Sarono P Sasmito, Icuk M Syakir, Arie Dimensi,Sihatjudin, Syafaruddin, Muhamad Nasir, Pudiyaka, Dahri Maulana dan Teje juga mendukungnya.

Mereka kemudian menggelar rapat demi rapat yang dilakukan di kantor Redaksi As-Sajidin di Komplek Al-Furqon Palembang, di kantor Redaksi Agung Post pimpinan HM Syarifuddin Basrie di Indralaya serta sebagai ajang diskusi online juga dibentuk grup WA Reuni Wartawan 789.

Kemudian mereka melakukan konsolidasi untuk pelaksanaan kegiatan akbar tersebut.
Sebagai bentuk keseriusan untuk mewujudkan hal tersebut kemudian tim kecil mengadakan audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru di Griya Agung Palembang beberapa waktu lalu. Hadir pada kesempatan itu Iklim Cahya yang diamanahi sebagai ketua panitia, H Zainal Filliang, Alfrenzi Panggarbesi, H Bangun Lubis, H Syahril Fauzi, Sarono P Sasmito, Kawar Dante, Agus Harizal dan wartawan lainnya.

Lihat Juga :  Berbuat Baik kepada Masyarakat Pra Sejahtera Lewat Posyandu, Ada Balita, Ibu Hamil dan Lansia yang Butuh Perhatian

Herman Deru menyambut baik apa menjadi rencana para wartawan tersebut dan mempersilahkan untuk menggelar kegiatan tersebut di Griya Agung Palembang. Bukan hanya itu orang nomor 1 di Provinsi Sumsel ini juga memberikan dukungannya untuk memberikan kata sambutan pada buku yang akan di-launching pada kegiatan tersebut.

Iklim Cahya mengemukakan, reuni akbar nanti dikemas dalam bentuk saling silaturahmi penuh keakraban sesama wartawan lintas angkatan tersebut. Kemudian juga akan di launching yang tebalnya lebih dari 400 halaman tersebut.

Juga disemarakkan dengan pameran foto-foto hasil jepretan para fotografer andal, serta pameran buku-buku dan kliping berita-berita yang di dalamnya merekam kiprah kewartawannya dalam rentang waktu tersebut. (*/sumber:swarnanews)

Tags
Close