Uncategorized

Saat Nabi Adam AS Mohon kepada Allah Usianya Dikurangi

ASSAJIDIN.COM —  Nabi Adam AS pernah memohon pada Allah SWT agar umurnya dikurangi. Sebagai gantinya, Nabi Adam AS memohon agar umur Nabi Daud AS diperpanjang.

Seperti ditulis Jihad Muhammad Hajjaj dalam Umur dan Silsilah Para Nabi menuliskan dalam sebuah hadits yang juga disahihkan dan disebutkan oleh Tirmidzi dalam kitab Sahahih-nya nomor 3076. Abu Hurairah r.a menurutkan Rasulullah SAW bersabda ketika Allah SWT menciptakan Adam, Allah mengusap punggungnya lalu jatuhlah dari punggungnya itu semua jiwa yang Allah ciptakan untuk menjadi keturunannya hingga hari kiamat. Lalu Allah menampaKkan sinar cahaya dari sela-sela kedua mata setiap manusia.

Lihat Juga :  Opick-Melly Kampanyekan "Gaza Berhak Hidup Layak"

Dalam hadits itu, dijelaskan Nabi Adam kemudian bertanya kepada Allah. Siapa mereka itu? Allah pun menjelaskan bahwa itu adalah anak dan keturunannya kelak.

Diantara manusia itu, Adam melihat ada seseorang yang sinar matanya membuatnya takjub. Nabi Adam pun kembali bertanya tentang sosok itu. Allah pun menjelaskan bahwa sosok itu adalah Daud.

Nabi adam kemudian bertanya tentang umur Daud As. Allah pun menjawab umur nabi Daud hanya 40 tahun. Mendengar hal itu, Nabi Adam pun memohon kepada Allah agar mengurangi 40 tahun umurnya untuk menambah umur Nabi Daud.

Lihat Juga :  Quran Surat Al Hasyir, 21 : Dan Seandainya Alquran Diturunkan kepada Gunung...

Allah pun mengabulkan permohonan Nabi Adam. Ketika umur nabi Adam habis, malaikat Maut pun datang. Nabi Adam pun berkata ‘bukankah umurku masih tersisa empat puluh tahun? malaikat maut balik bertanya, bukankah engkau telah memberikan sisa umurmu itu kepada cucumu Daud? Karena Adam mempunyai tabiat mengelak dan lupa maka keturunannya pun mempunyai tabiat serupa.

Mengenai umur nabi Adam sendiri terdapat pendapat yang berbeda. Ada yang berpendapat 930 tahun, ada pula yang berpendapat 957 tahun dan 1000 tahun. Wallahu ‘alam. [*/SUMBER: FIQHISLAM.COM]

Back to top button