MOZAIK ISLAM

Ustad Taufik Hasnuri 16 Tahun Bagi-bagi 3.000 Porsi Bubur Asyura untuk Kaum Dhuafa

Tradisi 10 Muharram

AsSAJIDIN.COM — Memasuki hari kesepuluh Muharram bulan pertama dalam kalender tahun Hijriah. Umat Islam disunnahkan berpuasa pada setiap hari Tasu’ah dan Asyura. Selain itu juga dianjurkan berbuka dengan menu khas yang disebut bubur Asyura.

Umat islam dianjurkan perbanyak beribadah salah satunya dengan bersedekah pembagian bubur Asyura.

Hal tersebut dilakukan oleh Penceramah terkenal Palembang, Ustadz Taufik di Kediaman Ustadz Taufik Jalan KH Azhari Kelurahan 12 Ulu Kecamatan SU II Palembang, Selasa (10/09/2019) dengan membagikan 3000 Bubur Asyura untuk masyarakat sekitar.

Pembagian bubur asyura tepat pada pukul 14:00 WIB. Sebelum petugas membagikan bubur, masyarakat diajak untuk bershalawat terlebih dahulu.

“Kita membuat bubur sop namanya, yang bahan-bahannya dari uang orang banyak. Dengan daging 60 kg, bawang merah 100 Kg, bawang putih 70 Kg, kentang 100 Kg, Beras 160 Kg, menggunakan 10 wadah dulang (dandang) ukuran besar untuk membuat bubur dengan perkiraan dibagikan rata untuk 3000 orang,” Kata Ustadz Taufik.

Lihat Juga :  Fitrianti Agustinda akan Selalu Rindu Ceramah Alm Ustadz Taufik Hasnuri
Foto: Tri — Bagi-bagi bubur asyura

Semua ini dilakukan untuk menyenangkan masyarakat terutama kaum duafa. Kegiatan telah dilakukan rutin hingga di tahun ke 16.  “Tetapi untuk mengerjakan nya sudah 30 tahun mengikuti jejak ayah, dari bujang sampai sekarang,” katanya.

Sementara itu, Yani warga 10 Ulu mengucapkan syukur karena perjuangan untuk mendapatkan bubur Asyura tidaklah mudah, walaupun hanya satu mangkok. “Alhamdulillah, jadilah dapat satu mangkok, saya sudah menunggu dari ba’da zhuhur untuk antri, karena ramai sekali sampai berdesak-desakan,” katanya. (*)

Penulis: Tri Jumartini

Tags
Close