SYARIAT

One Day One Hadist : Cara Mengajarkan Salam kepada Anak Kecil

ASSAJIDIN.COM — One Day One Hadist kita kali ini adalah mengutip dari Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Riyadhus Sholihin. Dalam bahasannya dikutip bagaimana Islam mengajarkan mengucapkan salam kepada anak-anak. Ini sekaligus mendidik mereka agar tahu cara mengucapkan salam.

Riyadhus Sholihin – Kitab As-Salam
Bab 136. Salam kepada Anak-Anak
Hadits #862
عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ مَرَّ عَلَى صِبْيَانٍ فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ وَقَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْعَلُهُ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia melewati anak-anak, lalu dia mengucapkan salam. Ia ditanya, ‘Kenapa kamu mengucapkan salam kepada anak kecil?’ Ia menjawab, ‘Rasulullah melakukannya.’” (HR Bukhari Muslim)

Inilah keteladananan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Beliau selalu mengucapkan salam setiap kali bertemu anak kecil. Beliau sangat tawadhu. Beliau sama sekali tidak sombong, meskipun beliau menjadi pemimpin dan penguasa tertinggi di Jazirah Arab pada waktu itu

Lihat Juga :  Tiga Golongan Manusia Dilihat dari Caranya Menghadapi Musibah

Hadits ini menunjukkan bagaimanakah berbuat baik kepada anak-anak, yang dewasa pun diajarkan untuk menyayangi anak-anak. Tetap memberi salam kepada anak-anak seperti memberi salam kepada orang dewasa.

Ini adalah bentuk pengajaran pada anak agar mereka mengetahui bagaimanakah cara mengucapkan salam.
Tidak boleh menakut-nakuti anak-anak selama mereka tidak terjatuh dalam yang haram. (*/rumaysho.com)

Tags

Berita Terkait

Close