HAJI & UMROH

H Tapsirin Hilang dari Rombongan Sejak 10 Agustus, Belum Ditemukan hingga Kloter 11 Kembali ke Tanah Air

Keluarga Berharap Pemerintah Membantu Menemukan

ASSAJIDIN.COM – Seorang jamaah haji Debarkasi Palembang terpisah dari rombongan dan hilang. Peristiwa ini sudah cukup lama yakni sejak tanggal 10 Agustus, sampai kloter 11 kembali ke tanah air, bapak berusia 81 tahun itu belum ditemukan.

Jamaah haji yang terpisah dari rombongan bernama Tapsirin Wajat Ratam bin Wajat, jamaah haji kloter 11.

Jamaah haji kloter 11 lainnya sudah pulang ke tanah air, sedangkan Tapsirin Wajat Ratam bin Wajat hingga kini belum diketahui keberadaanya.

Tapsirin Wajat Ratam (81) pergi haji bersama istrinya Sutirah.

Dikutip dari tribunsumsel.com, yang datang langsung ke kediaman keluarga H Tapsirin di kawasan Talangjambe Palembang, kejadian ini diceritakan anaknya Rodi.

Sebab menurutnya ibunya agak susah dalam hal menjelaskan.

“Ibu bercerita bahwa saat di Muzdalifah bapak minta diantarkan ke toilet dan ibu mengantarkan. Setelah mengantarkan, ibu kembali bus karena ibu berfikir jarak antara bus dan toilet dekat. Namun setelah ditunggu sekian lama bapak tidak ke bus-bus, akhirnya dicari-cari sudah tidak ada lagi di toilet,” kata Rodi, Kamis (29/8/2019).

Lihat Juga :  Haji dan Umroh Bukan Wisata Religi, Saudi Larang Penggunaan istilah Itu

Menurut cerita ibunya, bapaknya terpisah dari rombongan di tanggal 10 Agustus hingga sekarang.

“Perasaan ibu tentu sedih. Cuma ada penyesealan, kenapa harus ditinggal. Kalau tau kan ditungguin aja. Waktu di sana ibu sedih dan nangis terus, karena ada rasa menyesal.” katanya.
Rodi mengatakan, bahwa bapak memang sudah tua. “Untuk pikun belum, tapi kalau indikasi mulai pelupa memang ia.”

“Kami dari pihak keluarga sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. Khususnya Kementrian Agama untuk bisa membantu dalam pencarian ayahanda kami. Supaya bapak bisa ketemu dan berkumpul lagi dengan keluarga. Di sini kami hanya bisa berdoa, ini aja nanti akan ada pengajian,” ungkapnya.

Sementara itu Humas PPIH Debarkasi Palembang H. Saefudin membenarkan bahwa ada satu jamaah yang terpisah dengan rombongan, yang hingga saat ini belum diketemukan.

Lihat Juga :  Serangga Serbu Masjidil Haram, Warga Mekah: Ini Belum Pernah Terjadi!

“Baru kali ini ada jamaah di Sumsel yang terpisah dari rombongan dan belum ditemukan. Kami masih terus berupaya mencarinya. Pihak Kemenag tentu terus hadir mencari diberbagai tempat. Termasuk daerah kerja dan panitia di sana untuk mencari keberadaan Tapsirin Wajat Ratam,” kata Saefudin.

Menurut cerita, Tapsirin Wajat Ratam mempunyai kebiasan saat wudu gelang dilepas. Namun petugas yang ada tetap berupaya untuk terus mencarinya.(*)

Close