HAJI & UMROH

4.037 Jamaah Debarkasi Palembang Telah Kembali ke Tanah Air

ASSAJIDIN.COM — Sebanyak 448 jamaah haji kloter 9 debarkasi Palembang mendarat di Bandara SMB II Palembang, Minggu (25/8) malam, pukul 22.18 WIB. Total jamaah yang telah kembali ke Tanah Air hingga saat ini berjumlah 4.037 orang, termasuk 45 petugas.

Ketua PPIH Debarkasi Palembang HM. Alfajri Zabidi menjelaskan, tahun ini embarkasi/debarkasi Palembang memberangkatkan 8.509 jamaah dengan rincian 7.166 asal Sumsel, 1.248 asal Babel, dan 95 petugas kloter. Jamaah diberangkatkan dalam dua gelombang dan terbagi menjadi 19 kloter.

“Malam ini kita menerima kepulangan jamaah kloter 9 asal Pangkal Pinang, Bangka Barat, dan Palembang. Saat berangkat ke Tanah Suci, jamaah Kloter 9 berjumlah 447 orang. Namun ada satu jamaah yang saat ini masih dirawat di RS An Nuur Makkah yaitu Ismail Ahmad dari Pangkal Pinang dan ada satu jamaah yang bergabung ke kloter 12 yaitu Muchtar Syahnan dari Muaraenim. Meski begitu ada tiga jamaah yang ikut pulang bersama kloter 9 yaitu M. Nasrudin dari kloter 1, Hadi Siswoyo dari kloter 17 dan Siti Nurbiati dari kloter 17. Dengan demikian yang kembali malam ini berjumlah 448 orang,” beber Fajri.

Lihat Juga :  Visa Sudah Selesai, Kloter 1 JCH Asal OKU Timur dan Palembang Siap Berangkat ke Tanah Suci

Dia menambahkan, hingga saat ini jamaah debarkasi Palembang yang meninggal di Tanah Suci berjumlah delapan orang dengan rincian tujuh jamaah asal Sumsel dan satu jamaah asal Bangka Belitung. Adapun jamaah yang tertunda pulang karena sakit dan terpaksa dirawat di Tanah Suci berjumlah enam orang.

Sementara itu, kedatangan jamaah kloter 9 sendiri disambut Kepala Biro Kesra Pemprov Babel H. Asyraf Suryadin. Hadir dalam acara penyambutan Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi, Kakanwil Kemenag Babel HM. Ridwan, Kabag TU Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil, unsur PPIH Embarkasi/Debarkasi Palembang, serta panitia daerah dari Provinsi Bangka Belitung.

Lihat Juga :  Apa-apa Terbatas karena Pandemi, Peran Tokoh Agama Penting Cegah Perpecahan

Jamaah dari Pangkal Pinang dan Bangka Barat rencananya akan diterbangkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Bangka Belitung besok pagi dalam dua penerbangan. Flight pertama pukul 09.30 WIB dan penerbangan kedua pukul 12.20 WIB. (*/RILIS KEMENAG SUMSEL)

Back to top button