MOZAIK ISLAM

Khotib Shalat Istisqo: Beristighfarlah Agar Allah Turunkan Hujan

Masjid Agung Palembang Gelar Sholat Istisqo

ASSAJIDIN.COM — Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo Palembang atau yang dikenal dengan nama  Masjid Agung  Palembang mengadakan sholat Istisqo atau sholat meminta hujan minggu pukul  07.00  di Halaman Masjid Agung Palembang,(25/08/2019).

Sholat Istisqo di lakukan di halaman Masjid Agung Palembang dengan imam Al Ustad Muhammad Fadhil Al Hafidz dan Khotib Kiai H.Syarifuddin Ya’cub  MHI wakil imam besar Masjid Agung Palembang dan dihadiri oleh jamaah Masjid Agung.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Agung Palembang Kiagus H.Ahmad Sarnubi, tujuan dilaksanakannya sholat istisqo ini adalah untuk memohon kepada Allah Subhanawata’alla agar kiranya dapat diturunkan hujan karena Palembang dan  Sumatera Selatan dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami kekeringan.
“karena sudah lama belum turun hujan, untuk itu melalui sholat istisqo ini kita semua berdoa dan berharap kepada Allah agar  menurunkan hujan,” Katanya.

Lihat Juga :  Masjid Jogokariyan yang Fenomenal, Kas Selalu Nol tapi Berhasil Memakmurkan Warganya

Sementara itu, Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Pengawas Masjid Agung Palembang Muhammad Syukri, bahwa sholat istisqo ini adalah sholat  sunnah muakkad yang dianjurkan untuk dilakukan apabilla suatu negeri mengalami kekeringan atau kemarau.

“kita bisa lihat di media dalam beberapa bulan terakhir ini suasana panas dan kemarau dapat kita rasakan di Palembang khususnya dan Sumatera Selatan umumnya. Apalagi selama ini sudah mulai banyak terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan banyak asap, ” Katanya.

Untuk itu saat ini Masjid Agung berinisiatif mengajak semua ummat islam di Palembang dan Sumatera Selatan untuk melaksanakan sholat istisqo.

” Mudah mudahan Allah mengabulkan do’a jamaah yang sekarang sedang melaksanakan sholat istisqo.Sehingg Palembang kembali sejuk dan tidak lagi dikelilingin asap,” Ujarnya.

Lihat Juga :  Hukum dan Tata Cara Shalat Istisqo Beserta Lafaz Doa Meminta Hujan

Sementara itu, khotib sholat Istisqo kiai Haji Syarifuddin Ya’cub  M.Hi menyampaikan  khutbahnya dengan mengajak seluruh umat Islam termasuk para pemimpinnya  untuk beristighfar memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan, agar dengan ampunan Allah ini, maka Allah akan menurunkan hujannya untuk membasahi bumi.(*)

Penulis: tri jumartini

Tags

Berita Terkait

Close