PENDIDIKAN

Hadirkan Ulama Asal Mesir Pemegang Sanad Quran, Motivasi Anak Muliakan Alquran dan Ilmu

AsSAJIDIN.COM — Guna memotivasi agar anak – anak memuliakan Alquran dan ilmu, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah menggelar Taklim dan Silahturahmi bersama Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi Ulama Asal Mesir yang dilaksanakan di Gedung Belajar Pondok pesantren Al Hikmah, Kamis (22/08/2019) di Jalan S.H Wardoyo Kecamatan Seberang Ulu I.

Seorang syaikh muda yang seluruh hafalan dan makhorijul huruf yang dibacanya bersanad langsung kepada Rasulullah sholallahu’alaihi wassalam. Ulama yang juga penulis kitab Subulussalam Fi Tajwidil Khoiril Kalam Membahas mengenai Makhorijul Huruf dan Talqin Surah Al-Fatihah setelah sholat ashar berjamaah.

Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi Ulama Asal Mesir berdialog dengan santri

Kepala Madrasah Ponpes Al Hikmah, Ust. Rahmad Irwani, SH. MPd mengatakan ada beberapa point penting menghadirkan Syaikh di Ponpes Al Hikmah salah satunya bahwa ilmu itu luas dan kita belajar dari sumbernya.
“Karena kita meminta keberkahan ilmu dari beliau yang belajar di Mesir, mengajari kita bagaimana cara mengucapkan Alfatihah, memberikan motivasi bagi anak anak bahwasanya ilmu bisa memuliakan kita sama sama, dan menimbulkan motivasi kita untuk belajar Al Quran,” jelas Rahmad.
Dengan adanya pertemuan ini, lanjutnya mudah mudahan pertemuan menjadi keberkahan dan kebaikan bersama.
Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi mengatakan dalam melafadzkan Al Fatihah dan Makhorijul Huruf tidaklah mudah namun jika ada niat lillah, insyaallah Allah akan mempermudah kita mempelajarinya.

Lihat Juga :  Astra Honda Ajak Siswa SMA NU Cari Aman di Jalan

Syaikh juga mengajak para peserta ta’lim mengucapkan Makhorijul Huruf dengan membacakan Surah Al-Fatihah bersama. Syaikh mencontohkan terlebih dahulu bacaan surat Al Fatihah kemudian diikuti oleh peserta ta’lim. “Seperti melafadzkan a’udzhubillahiminasyaitonnirrozim, pada Makhorijul Huruf ‘dza’ diletakkan lidah dan gigi depan dirapatkan,” katanya.

Ia menambahkan bahwasanya wajib bagi semua orang jika mau mempelajari Alquran dengan mengawali mempelajari dan mengkaji Makhorijul dan sifat Huruf.

“Ada lima tempat utama yg harus kita sebut setiap huruf ada 29 huruf di mulai dari hamzah dan ya. Bacaan Quran harus ada Arabnya, dan harus melalui dasar yang benar. Tidak cukup waktu untuk mempelajari makhorijul huruf, kita contohkan pada surat Al fatihah,” katanya.

Lihat Juga :  Masya Allah….Herayati, Anak Seorang Tukang Becak Lulus Cum Laude di ITB

Untuk mencairkan suasana sekaligus menutup taklim agar anak – anak lebih termotivasi membaca surah al fatihah dengan benar, Syaikh juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang bisa dan lancar membaca surah Al-Fatihah.
“Siapa yang boleh baca betul akan syaikh beri hadiah berupa uang Rp 100 ribu insyaallah dan juga uang ringgit,” Katanya dengan logat melayunya.

Di akhir Taklim, Ust Rahmad Irwani juga mendapatkan ijazah dari Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi untuk melafadzkan dan dapat mengajarkan Al Fatihah kepada murid.

Setelah Ta-lim di Ponpes Al Hikmah, Syaikh Abdurrahman Mu’nits Al-Laitsi juga akan memberikan materi dan tema yang sama serta sholat magrib bersama di Rumah Tahfizh Al Ikhlas Tanjung Batu Seberang. (*)
Sumber: Tri Jumartini

Berita Terkait

Close