PENDIDIKAN

Belajar Jadi Wirausaha Lewat Daur Ulang Botol Bekas

ASSAJIDIN.COM –Guna menanamkan mental wirausaha bagi siswa-siswi di SMA Negeri 4 Palembang, pihak sekolah mengajak mereka untuk berkreatifitas secara nyata.

Pasalnya, menjadi seorang pengusaha tak cukup dengan teori saja, sehingga wajib diikuti dengan praktek-praktek melalui hal terkecil sekalipun.

Benar saja, sebagai pilot projek sekolah wirausaha, SMA Negeri 4 Palembang memiliki jenis usaha yang dijalankan siswanya. Mulai dari mengumpulkan botol bekas hingga ternak lele.

“Sebagai pilot projek sekolah wirausaha, kami tanamkan mereka mental pengusaha. Wujudnya apa? Banyak ya, ada yang botol bekas dibuat pot, ada yang dijual, dan saat ini sedang proses ternak lele,”ujar Kepala SMA Negeri 4 Palembang Drs Risman MSi, Senin (19/8/2019)

Lihat Juga :  Survei Potensi Desa ala Mahasiswa FISIP UIN Raden Fatah yang KKN di Lahat

Ia menambahkan bahwa keuntungan hasil dari wirausaha bukan diberikam ke sekolah tapi dikembalikan ke kelas-kelas masing-masing. Sehingga siswa memiliki jiwa rasa saling memiliki. Pasalnya, jika siswa sudah diajarkan untuk berwirausaha maka akan lebih bijak menggunakan keuangan.

“Karena mungkin yang lulus anak-anak kita, boleh jadi tidak semua lanjut kuliah. Artinya bekal kita sudah berikan untuk jiwa wirausaha,”urainya.

Tak hanya itu, selain program daur ulang botol bekas, dan ternak lele, pihak sekolah memiliki program baru terkait wirausaha yakni dibidang kuliner. Kuliner ini siswa diajak berkreasi membuat kue-kua yang marketingkan oleh mereka sendiri baik ke guru maupun karyawan sekolah dan sesama rekan mereka.

Lihat Juga :  Kemenag akan Buka Pendaftaran 2.000 Siswa untuk Masuk MAN di Seluruh Indonesia

“Awalnya kita berikan modal Rp1 juta perkelas. Silahkan berkreasi buat kue dan belajar marketing dan hasilnya silahkan manfaatkan untuk mereka,”pungkasnya. (*/SUMBER: sibernas/sugi)

Tags

Berita Terkait

Close