LIFESTYLE

Buku Panduan Sholat Disertai Barcode AR, Permudah Belajar Agama Islam

ASSAJIDIN.COM — dunia dakwah dan agama tidak boleh tidak harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Termasuk perubahan zaman saat ini yang serba digital.

Menyiasati hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ME Creative, meluncurkan buku panduan salat yang berjudul Ishalat dengan menyajikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempermudah belajar agama.

Tuntunan salat ini berisi panduan salat disertai dengan perpaduan teknologi digital 3D Augmented Reality (AR). Ini kemajuan yang cukup bagus.

“Awalnya kartu Ishalat, animonya tinggi. Namun kalau kartu suka tercecer, jadi dibuat buku dengan fungsi serupa,” ujar Direktur Utama ME Creative, Helmi Zulhelmi di Gedung MUI Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Helmi juga mengatakan, bentuk visual khususnya animasi lebih mudah diterima oleh masyarakat. Sebelumnya juga telah berdiskusi dengan sejumlah ulama, terkait dengan perbedaan mahzhab yang kerap menjadi permasalahan dalam menentukan fikih.

Lihat Juga :  Berdusta Menurut Quran dan Hadist, dan Tiga Jenis Bohong yang Dibolehkan

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi KH Masduki Baidlowi, menambahkan dengan adanya panduan salat, maka umat Muslim dipermudah untuk mempelajarinya.

“Itu akan berpengaruh dalam dunia dakwah dan agama. Seluruh organisasi agama juga harus menyongsong era digital ini. Jadi literasi juga, karena Indonesia dalam bermedia sosial termasuk negara yang pemakaian digitalnya banyak, pemakaian media sosialnya aktif,” katanya.

KH Masduki juga menambahkan, adanya industri tersebut akan berdampak pada dunia dakwah dan agama dan berkaitan dengan era milenial yang mana adalah dunia digital.

Selain itu, digital printing jadi bagian dari cara berdakwah pada era digital saat ini. Misal ketika pergi haji dan umrah, masyarakat tidak perlu repot membawa peta atau panduan lainnya. Cukup lihat di layar handphone, mereka sudah bisa mengakses semua yang dibutuhkan saat beribadah. (*/Sumber : okezone)

Tags

Berita Terkait

Close