HAJI & UMROH

Jamaah Haji Indonesia Siap Menuju Arafah

MAKKAH, AsSAJIDIN.COM — Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan jamaah haji Indonesia sudah siap diberangkatkan menuju Arafah. Pemberangkatan jamaah haji Indonesia akan dilakukan besok, Jumat (9/8/2019).

“Insya Allah, jamaah diberangkatkan pada besok Jumat (9/8), “ujar Menag di sela-sela acara Silaturahim NU se-Dunia di Jarwal, Makkah, Kamis (8/8/2019) dikutip dari republika.co.id.

Menag mengimbau agar jamaah segera mempersiapkan diri dengan baik menyambut pelaksanaan puncak haji. “Tidak usah lagi terlalu banyak beraktivitas yang memforsir tenaga. Sudah istirahat dan siapkan diri untuk mengikuti wukuf dan kegiatan di Armuzna,” ujarnya.

Lihat Juga :  Kedapatan Hamil, Satu JCH Urung Berangkat

Sebab lanjutnya, banyak kegiatan yang memerlukan tenaga ekstra ketika di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Mulai dari wukuf di Arafah, mabit di muzdalifah, dan melontar di Mina. “Semuanya perlu tenaga ekstra agar jamaah mampu melaksanakan semua kegiatan itu dengan baik,” kata Menag yang juga Amirul Hajj ini.

Menag berharap, penyelenggaraan puncak haji berlangsung lancar dan dapat diikuti oleh seluruh jamaah haji Indonesia. “Itu harapan kita semua, jamaah dapat semuanya melaksanakan kegiatan di Armuzna dengan baik tanpa halangan apapun,” terangnya.

Sebelumnya, Menag menyebutkan ada formula 5-5-3 yang digunakan untuk kelancaran kegiatan di Armuzna. Lima fase prawukuf, lima saat wukuf, dan tiga pascawukuf. (*)

Back to top button