EKONOMI & BISNIS

Idul Adha Warga Banyak Mudik, Tiket KA hingga H-2 Habis Terjual

ASSAJIDIN.COM — Meskipun Hari Raya Idul Adha masih beberapa hari lagi, namun tiket Kereta Api untuk kelas ekonomi di Stasiun Kertapati Palembang sudah habis terjual. Hal ini diungkapkan Manager Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti saat diwawancarai di kantornya, Rabu (7/8/2019).

Aida mengatakan, tiket kereta api untuk kelas ekonomi sudah habis terjual hingga H-2 Hari Raya Idul Adha. “Ya, tiket kereta api kelas ekonomi yang sudah habis terjual hingga H-2 lebaran atau 9 Agustus dengan tujuan Kertapati-Lubuk Linggau dan Kertapati-Tanjung Karang,” katanya.

Adapun jumlah tiket KA kelas ekonomi dengan tujuan Kertapati-Lubuk Linggau dan Kertapati-Tanjung Karang yang disiapkan pihaknya untuk Hari Raya Idul Fitri yaitu sebanyak 8.622 tiket. “8.622 tiket kereta api dengan total tiket perjalanan 2.874 perharinya,” ujar Aida.

Lihat Juga :  Hukum Menjual Barang Sistem Pre Order Menurut Islam

Aida menjelaskan, habis tiket kereta api kelas ekonomi ini karena tingginya minat masyarakat menggunakan tiket kelas ekonomi lantaran harganya yang sangat terjangkau Rp 32 ribu per orang. “Selain itu fasilitas yang disediakan sudah sangat nyaman sehingga masyarakat lebih memilih kereta api meskipun kelas ekonomi,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, jumlah penumpang menggunakan kereta api pada Hari Raya Idul Adha 1440 H mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pasalnya, hari lebaran yang bertepatan dengan wekeend membuat para penumpang diperkirakan meningkat menggunakan kereta api. “Puncak keberangkatan diperkirakan H-2 dan H-1 lebaran, karena pada hari tersebut bertepatan dengan akhir pekan,” ungkap Aida.

Aida menambahkan, untuk barang bawaan setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi ke dalam Kereta Api dengan berat maksimum untuk tiap penumpang 20 kilogram dan dengan volume maksimum 100 dm3. Dimensi maksimal bagasi adalah 70 cm x 48 cm x 30 cm. Penumpang akan diperbolehkan membawa bagasi yang melebihi berat atau ukuran seperti yang telah diatur hingga seberat 40 kg atau dengan volume 200 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm) ke dalam kereta penumpang dengan dikenakan bea kelebihan Bagasi atau membeli tempat duduk ekstra.

Lihat Juga :  Target Tahun 2030 Makanan Khas Pempek Palembang Mendunia

Tarif kelebihan bagasi untuk kelas eksekutif, tarif atas kelebihan berat bagasi akan dihitung Rp 10.000 per kilogram. “Sementara untuk kelas bisnis atau ekonomi komersial dikenakan Rp 6.000 per kilogram dan ekonomi non komersial Rp 2.000 per kilogram,” pungkasnya. (*/Sumber : sibernas/mn)

Tags

Berita Terkait

Close