KESEHATAN

Lestarikan Pengobatan Tradisional dan Konsumsi Makanan Herbal

AsSAJIDIN.COM – Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional.

Pengetahuan ini disampaikan dalam seminar kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Fakultas Ushuludin program studi Tasawuf dan psikologi terapi bekerja sama dengan LKPM Kementerian Kesehatan RI, Kamis (1/8/2019) bertempat di Gedung Academic Center Palembang.

Kegiatan ini diiringi kegiatan terapi yang dilakukan dengan sendiri atau sering disebut self healing (tanpa bantuan orang lain).

Kaprod Tasawuf dan Psikologi Terapi H Wijaya mengatakan kegiatan berupa kegiatan kemoterapi dipadu dengan kegiatan cek kesehatan secara gratis.

“Alhamduliiah banyak mahasiswa/mahasiswi serta dosen yang melakukan cek kesehatan,seperti cek gula darah dan cek tensi. Alhamdulillah semua normal,” kata Wijaya.

Adapun dari kegiatan ini para peserta seminar maupun bapak ibu dosen disediakan minuman dan makanan Herbal.

Lihat Juga :  UIN Raden Fatah Terima 4 Ribu Mahasiwa Baru, Cermati Lima Jalur Penerimaannya

Menurut Wijaya banyak manfaat yanga dapat diperoleh dengan membiasakan metode herbal dan pengobatan tradisional. “Mereka yang melakukan terapi ini insyaallah sehat tanpa harus meminum atau memakan obat-obat kimia. Maka dari itu pengobatan tradisional ini dikenalkan dan dikembangkan secara terus menerus baik dikalangan masyarakat atau pun mahasiswa,” kata Wijaya lagi.

Pembicara dari LKTM Kemnterian Kesehatan RI Dr.Hermanto mengatakan kegiatan ini diadakan di UIN Raden Fatah Palembang untuk menggabungkan elemen-elemen UIN Raden Fatah ini agar fakultas lain dapat belajar pengobatan Tradisional. “Bukan hanya belajar tapi diharapkan supaya mereka menerapkan pengobatan tradisional ini, “katanya.

Selain itu pengobatan serta kekayaan herbal yang dimiliki Indonesia ini harus dilestarikan. Jangan sampai punah karena negara asing sendiri meminatinya. “Bangsa asing itu sampai melakukan penelitian lalu menemukan formula kandungan obatnya, mempatenkan, memasarkan, kemudian rakyat kita yang menjadi pasien harus membayar obat itu dengan harga mahal, karena diresepkan oleh Dokter kita. Ini sangat mengkhawatirkan kita,” jelasnya.

Lihat Juga :  Hadapi Era Industri 4.0, Dosen Dituntut Mumpuni dan Kuasai Bahasa Inggris

Salah satu peserta, Idris mengatakan perlu mengembangkan pengobatan herbal ini dan lebih dikenalkan kepada masyarakat supaya lebih banyak lagi yang menggunakan obat herbal ini dan mereka tidak berpatokan kepada obat – obatan kimia karena obat kimia itu lebih banyak efek sampingnya ketimbang obat – obatan herbal yang relatif aman.

Berikut pesan-pesan gaya hidup dan gizi seimbang yang insyaallah bagus untuk kesehatan :

1 Syukuri dan nikmati aneka ragam makana

2.  Perbanyak makan sayur dan cukup Buah-Buahan

3. Biasakan mengonsumsi lauk-pauk mengandung Protein Tinggi

4.Biasakan mengonsumsi Aneka ragam makan pokok

5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak

6. Biasakan sarapan

7. Biasakan Minum air yang cukup dan aman

8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan

9. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. (*)

Kontributor : Srikanti

Tags
Close