SEHAT

Khasiat Madu Dijelaskan dalam Al Quran dan Hadits

ASSAJIDIN.COM -Auzubillahiminassyaithooniirojiim, bismillahirrohmaanirrohiim… Allah SWT telah berfirman dalam Al Qur’an surat An Nahl ayat 68 – 69;

“ Dan Rabbmu mengilhamkan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.’ (QS. 16:68) Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. ”

Sebelum adanya teknologi kesehatan yang bisa membuktikan khasiat madu untuk manusia, Allah sang Maha Pencipta telah menerangkannya di dalam Alquran.

Lebah merupakan mahkluk Allah SWT yang sangat istimewa. Dari dalam perutnya lebah mampu mengeluarkan minuman yang terbukti menyembuhkan berbagai penyakit seperti anemia, infeksi saluran pernafasan, paru-paru (TBC), gangguan saraf, diare, diabetes, dan banyak lagi.

Dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda,” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an. “ (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu).

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, bahwa ada seseorang datang kepada Nabi SAW, dan mengadu, “Wahai Rasulullah, saudaraku terkena diare. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Minumkanlah madu kepadanya”. Orang itupun lantas meminumkan madu kepada saudaranya. Akan tetapi, ia kemudian datang lagi kepada Nabi dan mengadu untuk kedua kalinya, “Wahai Rasulullah, aku sudah meminumkan madu kepadanya, tetapi diarenya justru semakin parah”. Nabi SAW pun bersabda lagi, “Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut pun kemudian meminumkan madu lagi kepada saudaranya itu. Ia pun kembali datang mengadu, “Wahai Rasulullah, minum madu justru semakin memperparah diarenya”. Rasulullah SAW kemudian bersabda, “Maha benar Allah dan telah berdusta perut saudaramu. Pergilah dan minumkanlah madu kepadanya”. Orang tersebut lantas pergi, dan meminumkan madu kepada saudaranya. dan tak lama kemudian, saudaranya itu pun sembuh.

Lihat Juga :  Nasihat Luqman: Wahai Anakku! Laksanakanlah Shalat dan Suruhlah (Manusia) Berbuat yang Makruf

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ra, ia berkata,” aku pernah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

إِنْ كَانَ ِفيْ شَيءٍ مِنْ أَدْوَيتِكُمْ خَيْرٌ ؛ فَفِيْ شَرْطَةِ مَحجَمٍ أَوْ شَرْبَةٍ مِنْ عَسَلٍ أَوْ لَذْعَةٍ بِنَارٍ وَمَا أُحِبُّ أَنَ أكتِوَي

“ Jika dalam pengobatan kalian ada sedikit pengembangan. Maka yang demikian itu bisa didapatkan pada keratan kulit orang yang membekam , atau seteguk madu atau sengatan api”,(HR. Bukhari, no. 5704, Muslim no. 2205).

Madu ini juga memiliki khasiat penyembuhan dan antiseptik ringan. Luka yang diobati dengan madu akan sembuh dan meninggalkan sedikit saja bekas. Karena kepadatan madu, maka tidak terkandung jamur atau bakteri yang tumbuh di dalam luka tersebut.

Lihat Juga :  Larangan Membakar Hutan dan Lahan dalam Pandangan Alquran

Madu juga bisa menghilangkan zat berbahaya yang kemungkinan menumpuk dalam pembuluh darah dan usus. Manfaat lainnya sebagai obat penghilang dahak & batuk apabila dicampurkan ke dalam minuman. Kalau Sobat DuHa rutin mengkonsumsinya setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga stamina. Sebegitu banyaknya manfaat madu untuk pengobatan hingga Rasulullah SAW menyarankan meminumnya berkali – kali.

Rasulullah SAW Mengkonsumsi Madu Setiap Har

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi mengatakan, “Rasulullah SAW biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong.”

Kita bisa meniru kebiasaan Rasulullah SAW ini dengan membuat menu sarapan yang dicampur dengan madu seperti susu, gandum ataupun buah – buahan. Selain lezat, sarapan ini bisa menjadi energi tubuh untuk beraktivitas seharian. Sobat DuHa juga bisa mengkonsumsi bahan olahan dari madu seperti jelly, tepung sari (bee pollen), dan propolis lebah.

Sungguh luar biasa keberkahan yang terkandung dalam minuman ini. Allah SWT menciptakannya dengan sejuta manfaat dan bisa dikonsumsi semua orang mulai dari anak – anak, dewasa, hingga orang tua, dalam keadaan sehat maupun sakit.(*/sumber : duniahalal)

Back to top button