KELUARGA

Penting Urus Akta Kematian, ini Manfaatnya

AsSAJIDIN.COM —┬áMasih minimnya kepemilikan akta kematian membuat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Disdukcapil kabupaten/kota se-Provinsi Sumsel

Kepala Disdukcapil Provinsi Sumsel, H Herfiansyah Djarab SE MM mengatakan, pihaknya menggelar Rakor dengan seluruh Disdukcapil yang ada di Provinsi Sumsel karena masih minimnya kepemilikan akta kematian di Provinsi Sumsel. “Kesadaran masyarakat akan pentingnya akta Kematian disini masih kurang, makanya kita gelar rakor ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” katanya.

Berdasarkan persentase, kepemilikan akta kematian di Provinsi Sumsel masih dibawah target yang dicanangkan. “Upaya yang kita lakukab hari ini kita harapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, paling tidak dengan pertemuan ini bisa mendongkrak angka kepemilikan akta Kematian sesuai dengan target Kemendagri,” ujar Herfiansyah.

Lihat Juga :  WCC dan Rumah Ibu Ajak Bersama Melawan Kekerasan terhadap Perempuan

Herfiansyah mengungkapkan, kepemilikan akta Kematian merupakan suatu hal yang penting. Terlebih manfaatnya sangat banyak seperti untuk kepentingan ahli waris, pengurusan asuransi dan lainnya. “Selain berkoordinasi dengan pihak dukcapil kota maupun kabupaten, kita juga berupaya untuk mengkoordinasikan hal tersebut ke pihak rumah sakit dan juga ke pihak pemakaman,” ungkapnya seraya menambahkan dengan adanga kepemilikan akta kematian ini maka pihaknya bisa memutahirkan data terbaru, sehingga diketahui bahwa adanya pendataan baru yang tercantum pada kartu keluarga.

Sementara itu, Kasubdid Fasilitasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian Ditjen Dukcapil RI, Sakaria menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang tak melaporkan secara administrasi jika ada anggota keluarga yang meninggal. Hal ini lebih dikarenakan menurut mereka manfaatnya masih kurang. “Kalau tidak dilaporkan data base masih tetap hidup. Akta kematian menjadi bukti hukum secara administrasinya. Syarat untuk membuat kepemilikan akta kematian ini hanyalah cukup menyertakan surat keterangan meninggal dari Rumah Sakit ataupun dari surat pengantar dari kepala desa/lurah,” katanya singkat. (MN)

Tags

Berita Terkait

Close