SYARIAH

Macam-macam Fitnah Dunia, Menurut Kumpulan Hadist Berikut ini

AsSAJIDIN.COM — Apa saja fitnah yang bisa menghampiri manusia selama dia hidup di dunia ini? Ada banyak penjelasan yang dapat kita ketahui dari hadist nabi. Ada yang diriwayatkan Imam Bukhori, At-Turmudzi dan Ibnu Majah .

Diantara hadits-hadits yang disebutkan dalam shohih Bukhori tentang fitnah dunia dapat disebutkan antara:

-Imam Bukhori mengawali hadits Fitnah dengan menyebut surat Al-Anfaal 25, agar orang beriman hati-hati terhadap fitnah dan menjauhinya.
-Fitnah semakin hari semakin berat dan semakin buruk.
-Harta yang paling bersih di akhir zaman bagi muslim adalah domba yang digembalakan di hutan dekat gunung dan iar hujan.
-Diantara fitnah diakhir zaman, di angkatnya ilmu, dominannya kebodohan dan banyaknya pembunuhan.
-Umat Islam harus bersabar pada pemimpin jamaah Islam walaupun benci asal tidak menyuruh kepada kemungkaran dan kekafiran.
-Cara yang baik untuk selamat dari fitnah yaitu komitmen dengan jamaah Islam.
-Di masa fitnah dilarang memegang senjata yang membahayakan umat Islam.

Tokoh sahabat yang paling menguasai masalah fitnah adalah Hudzaifah bin Al-Yaman. Beliau banyak bertanya tentang keburukan daripada kebaikan. Hal ini dilakukan agar orang-orang beriman terhindar dari fitnah dan keburukannya. Bunyi lengkap hadits adalah: “Manusia biasa bertanya pada Rasulullah SAW tentang kebaikan, sedang aku bertanya kepada beliau tentang kejahatan, karena khawatir akan mengenaiku.” Saya berkata: “Wahai Rasulullah SAW apakah kami dahulu di masa Jahiliyah dan penuh kejahatan, kemudian Allah mendatangkan dengan kebaikan ini (Islam). Apakah setelah kebaikan ini ada lagi keburukan?”

Lihat Juga :  Rasulullah SAW Sebut Tempat ini Padang Mahsyar di Dunia

Rasul SAW menjawab: “Ya.” ”

Apakah setelah keburukan itu ada kebaikan?”

Rasul SAW menjawab: “Ya, tetapi ada solusinya.”

“Apa solusinya?”

Rasul menjawab: “Kaum yang mengambil hidayah dengan hidayah yang bukan dariku, engkau kenali dan engkau ingkari.”

Saya berkata: “Apakah setelah kebaikan itu ada keburukan?”

Rasul SAW menjawab: “Ya, para penyeru ke neraka jahanam, barangsiapa yang menyambut mereka ke neraka maka mereka melamparkannya ke dalam neraka.”

Saya berkata:”Ya Rasulullah SAW, terangkan ciri mereka pada kami?”

Rasul SAW menjawab: “(Kulit) mereka sama dengan kulit kita, berbicara sesuai bahasa kita.”

Saya berkata: “Apa yang engkau perintahkan padaku jika aku menjumpai hal itu?”

Rasul SAW bersabda: “Komitmen dengan jamaah muslimin dan imamnya.”

Saya berkata:” Jika tidak ada pada mereka jamaah dan imam?”

Rasul menjawab: “Tinggalkan semua firqah itu, walaupun engkau harus menggigit akar pohon sampai menjumpai kematian dan engkau tetap dalam kondisi tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits lain yang berbicara tentang fitnah yang diriwayatkan Hudzaifah adalah: Saat itu kami bersama Umar bin Khattab beliau berkata:” Siapa di antara kalian yang mendengar Rasulullah SAW menyebutkan tentang fitnah-fitnah?”

Lihat Juga :  Bershalawatlah...QS Al Ahzab 56 dan Hadist HR Tarmidzi

Berkata di antara mereka: “Kami mendengarnya.”

Berkata Hudzaifah: “Mungkin yang antum maksud terfitnahnya seorang lelaki oleh keluarga dan tetangganya?”

Mereka menjawab: “Benar.”

Berkata Hudzaifah: “Fitnah itu terhapus dengan sholat, puasa dan sedekah, tetapi siapa yang mendengar Nabi SAW menyebutkan fitnah-fitnah seperti gelombang lautan?”

Berkata Hudzaifah: “Maka mereka terdiam.”
Berkata Umar: “Engkau wahai Hudzaifah!”

Berkata Hudzaifah: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: ‘Fitnah-fitnah itu mengenai hati seperti tikar yang menempel secara terus-menerus’.” (HR Bukhori dan Muslim).

Fitnah anak, istri, tetangga dan lain-lain berupa mencintai mereka secara berlebihan, kurang ketaatannya kepada Allah akibat kesibukan dengan mereka, munculnya sikap kikir akibat kecintaan tersebut. Fitnah anak istri dapat juga berupa melalaikan hak-hak anak dan istri seperti mendidik mereka, begitu juga terkait dengan fitnah tetangga.

Dan fitnah ini sebagaimana disebutkan dalam hadits terhapus dengan ibadah sholat, puasa dan sedekah. Fitnah ini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits, diantaranya: “Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS At-taghabuun 15). Rasulullah saw. bersabda:” Tidaklah aku tinggalkan fitnah yang lebih besar bagi kaum lelaki melebihi fitnah wanita.” (HR Bukhari dan Muslim). [*/sumber: islampos.com]

Back to top button