MOZAIK ISLAM

Ketika Badui Arab Kencing di Areal Masjid Nabawi, Beginilah Sikap Bijak Rasulullah

AsSAJIDIN.COM — Pada zaman Rasulullah SAW ada seorang pria badui Arab yang kencing di area Masjid Nabawi. Alhasil orang badui tersebut langsung di kerubungi para sahabat.

Orang badui yang kencing di masjid itu pun langsung diteriaki dan dicela sahabat yang melihatnya. Mereka menilai perbuatan tersebut sebagai sesuatu yang kelewatan.

“Sungguh buruk apa yang ia lakukan,” ujar salah seorang sahabat, sebagaimana diriwayatkan dalam kitab hadits Shahih Muslim.

Melihat perbuatan sahabatnya, Nabi pun langsung melerai perseteruan tersebut. Melihat apa yang dilakukan orang badui itu, Nabi justru membiarkan hingga selesainya buang air kecil orang badui tersebut.

Lihat Juga :  Lima Hal yang tidak Boleh Dilakukan Seorang Muslim

Nabi mengatakan, “Wahai kalian, biarkan saja dia sampai selesai, siapa tahu dia akan masuk surga.”

Dengan tidak ada rasa marah setelah orang badui berlalu, Nabi meminta sahabat untuk mengambil air sebanyak satu ember dan berkata ,”Siramkan air itu di atas tanah yang dikencingi tadi”.

Dari kisah tersebut kita bisa melihat, betapa pengasih serta penyabarnya Nabi Muhammad SAW ketika mengajari umatnya. Nabi tidak langsung menegur orang badui yang kencing di masjid nabawi.

Selain itu nabi melarang sahabatnya untuk mencela sebuah kekeliruan. Dari kejadian tersebut nabi justru mengajari sahabat untuk mensucikan suatu najis.

Lihat Juga :  Mencontoh Rasulullah Sebagai Pemimpin yang Dicintai

Melalui peristiwa tersebut akhirnya para sahabat mengerti bahwa cara mensucikan najis akibat kencing adalah dengan menyiramnya. Ajaran itu pun akhirnya kita pahami hingga kini. Buah dari keteladanan Nabi Muhammad menyampaikan syariat dengan santun. (*/sumber: okezone.com)

Back to top button