Uncategorized

Ini Tips dari Dokter Mata RSI Ar-rasyid Palembang, Penggunaan Gadget yang Aman Bagi Mata Anak

 

AsSAJIDIN.COM — Berbagai macam cara orang tua agar anak tidak rewel terlebih saat orangtua sedang sibuk dengan kegiatannya, Salah satunya dengan cara memberikan gadget. Melihat anak-anak bahkan balita yang asyik bemain dengan gadget sudah menjadi pemandangan biasa, bahkan balita yang belum bias membaca pun sudah hafal bagaimana cara mengakses video atau game favoritnya. Saking asyiknya, mereka memainkan gadget tanpa jeda dengan posisi dekat dengan mata.

Perlunya peran penting orang tua dalam mengawasi anak saat memakai gadget. Kebiasaan menatap layar ponsel ternyata menyebabkan beberapa masalah mata terutama pada anak-anak.

Lihat Juga :  Anggaran Perbaikan Jalan di Palembang Di-nol Rupiahkan

Menurut dr. H. Hasanuddin. Sp.M Subspesialis neuroopthalmology Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang, penggunaan handphone / Gadget pada anak sebaiknya dibatasi karena dapat menyebabkan myopia (rabun jauh), Astenopia (mata lelah) dan dry eye (mata kering).

Sangat penting bagi orang tua dalam membatasi anak menatap layar ponsel, “orang tua biasa membatasi 2 janm sehari. Namun tidak diperboleh 2 jam sekaligus, melainkan menggunakan aturan sederhana 20:20 tiap 20 menit menggunakan gadget dengan diselingi 20 detik istirahat,” katanya saat diwawancarai watrawan Assajidin, Kamis (27/06/2019).

Ia mengatakan, Untuk menghindari rabun jauh dan mata lelah pada anak, dianjurkan untuk melakukan istirahat seperti mata di arahkan untk melihat kearah jauh. Sedangkan untuk mata kering, dapat di hindari dengan pebanyak berkedip.

Lihat Juga :  Wah... Ini Dia Juara Baru Alfurqon Futsal Competition 2017, Menangi Laga Final Skor 6-1

Penggunaan gadget oleh anak pun terdapat aturan-aturan agar tidak membahayakan kesehatan pada anak. Anak pada usia 0-2 tahun tidak di perbolehkan sama sekali untuk menatap layar/ bermain ponsel.
“Usia 0-2 tahun tidak sama sekali diperboleh, usia 3-5 tahun hanya 1 jam sehari sedangkan usia 6-8 tahun 2 jam sehari. Penggunaannya tidak diperboleh sekaligus, namun diberi jeda untuk istirahat,” katanya. (trijumartini)

Back to top button