MOZAIK ISLAM

Yayasan Budi Sentosa Sriwijaya Bagikan paket Lebaran dan Zakat untuk Keluarga Yatim Dhuafa dan Mustahik

ASSAJIDIN.COM –Yayasan Budi Sentosa Sriwijaya, yang bergerak di bidang Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat, Minggu, 2 Juni 2019 di depan kantor Yayasan membagikan 200 paket lebaran dan zakat kepada keluarga yatim dan dhuafa serta para mustahik. Sebagian kita antar langsung ke mustahik yang kondisnya sudah renta, dan tidak memungkinkan untuk hadir di kantor Yayasan.

Pembagian Paket Lebaran sudah kita lakukan sejak tahun lalu kepada keluarga yatim, namun untuk pembagian zakat baru dilaksanakan tahun ini atas permintaan para donatur program anak yatim yang ingin menyalurkan zakatnya kepada para mustahik.

Dari data yang kita verifikasi, hari ini kita membagikan paket lebaran (Gula, Kopi, Gandung, Minyak, Sirup, dan Kacang produksi bunda yatim) dan zakat dalam bentuk uang kepada 200 orang mustahik termasuk bunda yatim dhuafa berasal dari 13 orang muzaki dari berbagai profesi yang menitipkan zakatnya untuk disalurkan.

Tahun ini kita baru membagikan zakat dalam bentuk uang. Sesuai data yang didapat zakat yang dibagikan diberikan kepada kelompok Fakir, Miskin, Muallaf, Fisabilillah dan Amil yang sudah kita verifikasi sebelumnya.

Ke depan kita merencanakan bagikan zakat selain dalam bentuk uang, akan diberikan juga dalam bentuk zakat produktif, yaitu diberikan kepada para mustahik yang berusaha ingin mandiri dari usaha yang dilakukannya sehingga pada saatnya mereka juga mempunyai kesempatan menjadi Muzaki. Kita tidak hanya ingin memberi ikan tetapi kita berusaha memberi kail kepada para mustahik.

Lihat Juga :  Adab Saat Hendak Buang Hajat Menurut Islam

Misal seorang mustahik mempunyai usaha kuliner rumahan, maka kita akan lihat kebutuhan mustahik tersebut agar usaha kuliner maju lebih pesat dengan memberikan pelatihan dan atau alat alat untuk mengembangkan usaha kulinernya. Kita akan bekerja sama dengan Dinas Sosial, NLK, dan bersinergi dengan Lembaga Lembaga sejenis. Saat ini Yayasan BSS sudah menjalankan program pemberdayaan keluarga yatim dengan berbagai usaha sesuai minat dan potensi mereka. Ada yang usaha hidroponik, kuliner dan usaha di bidang marketing.

Selain memberikan paket lebaran dan donasi zakat, diberikan juga motivasi dan inspirasi kepada para keluarga yatm dan mustahik untuk menumbuhkembangkan mindset dan memunculkan keinginan yang kuat kepada para mustahik untuk bercita cita menjadi muzaki. Ini sangat penting untuk menumbuhkan mind set tangan di atas kepada para mustahik sehingga muncul keinginan kuat untuk berhasil dalam hidupnya dan tidak hanya menjadi kelompok orang tangan di bawah.

Motivasi dan Inspirisasi diberikan oleh Bapak Dr. Budi Santoso, M.Si Rfp yang tak lain adalah Pembina Yayasan Budi Sentosa Sriwijaya. Selain sebagai dosen di Universitas Sriwijaya Pak Budi (Panggilan akrab beliau) juga manager di beberapa perusahaan dan Lembaga sosial dan pemberdayaan. Manager di PT Prudential, Manager dan Trainer Pumping Indonesia Bogor, Manager Yayasan Berkarya Cabang Palembang yang berpusat di Sidoarjo Jawa Timur.

Lihat Juga :  Masya Allah, Kapal Pesiar Syariah Keliling Dunia Sembari Dakwah

Bila Zakat dikelola secara SMART, (Sasaran tepat, Management yang professional, Akuntabel dalam administrasi keuangan, Responsible dalam melaksanakan program, dan Trust yang diberikan kepada Muzaki). Kita memberikan kepada mustahik yang sudah didata dan diverifikasi tentang status mustahiknya, ini yang dimaksud Sasaran yang Tepat, data mustahik sebelumnya diverifikasi oleh tim yang dapat dipercaya di lapangan dan dikroscek oleh tim pengawas.

Management yang Professional dengan berdasarkan kemampuan tim yang diarahkan terlebih dahuu sebelum melaksanakan tugas. Kita juga mempunyai dewan pengawas Syariat 3 orang ustadz tempat kita berkonsultasi. Akuntabel dalam pengelolaan keuangan dengan catatan laporan yang lengkap termasuk laporan kepada para donatur dan muzaki secara internal maupun terbuka.

Responsible atau tanggung jawab tim yang melaksankan tugas sesuai SOP. Dan Trust, yang berusaha memberikan kepercayaan penuh kepada para donatur dan muzaki dengan berbagai program yang kita laksanakan. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat sedikit membantu pemerintah dalam program pemerataan kesejahteraan, dan tentu saja menjadi lading amal bagi semua penyelenggara dan para donatur dan muzaki. Aamiin YRA.(*/Rilis)

Tags
Close