SYARIAT

Dahsyatnya Amalan di Bulan Ramadhan

 

ASSAJIDIN.COM — Bulan Ramadhan masih tersisa beberapa hari lagi. Mari tingkatkan terus amal ibadah dan berbuat baik.

Kajian rutin di masjid Al-Hidayah jln Tunas Muda Sukamaju Palembang, beberapa  lalu disampaikan oleh ustadz Qomaruddin Lc yang mengusung tema dahsyat amalan di bulan Ramadhan.

Ustadz Qomaruddin menyampaikan dari hadits bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberikan berita gembira kepada para Sahabatnya dengan datangnya bulan Ramadhan.

Sebagaimana hadits yang berbunyi:
قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ, شَهْرٌ مُبَارَكٌ, كَتَبَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ, فِيْهِ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ. فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Lihat Juga :  Jangan Kasar dan Menghardik Saat Angin Kencang Datang, tapi Panjatkanlah Doa ini

“Telah datang kepadamu Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah telah mewajibkan atas kalian puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa diharamkan kebaikan malam tersebut, maka sungguh dia diharamkan dari seluruh kebaikan” (HR. Ahmad dan an-Nasa’i. Dishahihkan Syaikh Albani).

Bisa kita ambil hikmahnya barang siapa yang berbuat kebaikan di bulan Ramdhan maka akan dilipatgandakan pahalanya tersebut.

Selamat datang Ramadhan bulan penuh berkah, selamat bagi kaum Muslimin menunaikan puasa di bulan penuh berkah. Apa saja ucapan-ucapan yang baik yang menunjukkan kepada penyambutan bulan Ramadhan, maka boleh dilakukan.

Lihat Juga :  Sholatmu Cerminan Hidupmu, Sebuah Renungan

Ustadz Qomaruddin mengatakan bahwa para malaikat menyaksikan segala amal perbuatan manusia selama bulan Ramadhan.
Rasulullah mengatakan Ramadhan adalah bulan khusus bagi umatku. Hal inilah kenapa para malaikat menyaksikan aktivitas manusia, apalagi yang senang berzikir dan berada di majelis ilmu,” ujarnya.

Kemudian ustadz Qomaruddin berwasiat ayo kita semua khususnya para jamaah masjid sekitar dan umat muslim yang lain mari berlomba-lomba dalam mencari kebaikan d ibulan Ramdhan tapi tidak bulan ramadhan saja bulan-bulan yang lain juga.(*)

Kontributor : Deni

Close