LIFESTYLE

Cara Mudah Paham Ayat Alquran, Coba Ikuti Cara ini

AsSAJIDIN.COM — Pada hari-hari ini Ramadhan memasuki 10 hari kedua. Di dalamnya ada satu momen yang selalu menjadi perhatian, yaitu 17 Ramadhan, atau dikenal dengan nama nuzulul quran.

Pada 17 Ramadhan, nabi Muhammad SAW mendapat wahyu pertama kali melalui perantara malaikat Jibril, yang dinanti sudah tiba dan sedang kita jalani. Kita semua tentunya tahu bahwa di bulan penuh berkah ini segala amalan dan perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya. Tak terkecuali tentunya perihal membaca ayat Alquran.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa orang yang melantunkan ayat-ayat Alquran akan mendapatkan pahala untuk setiap huruf yang diucapkannya. Demikian yang disampaikan Nabi Muhammad SAW seperti dalam hadis dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu ini.

Lihat Juga :  Kemajuan Teknologi Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Benarkah Ingkari Takdir?

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shad:29)

Tentunya yang terbaik selain melantunkan ayat-ayat suci Alquran adalah juga memahami makna yang terkandung di baliknya.

Di sisi lain, kini kesibukan padat juga kerap menjadi kendala bagi kita untuk bisa menyempatkan diri membuka lembar demi lembar Alquran. Namun sebenarnya hal ini bisa disiasati dengan menggunakan berbagai aplikasi yang memiliki Alquran digital. Menggunakan fitur terjemahan Alquran berbahasa Indonesia ini memang bisa dibilang memudahkan. Kini untuk bisa memahami makna Alquran kita tak lagi harus membuka buku fisik terjemahan tapi cukup dengan mengaksesnya dari smartphone. Selain itu juga tentunya lebih praktis karena bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja.

Lihat Juga :  Kewajiban Memenuhi Undangan dan Memuliakan Tamu

Salah satunya seperti fitur aplikasi yang didedikasikan untuk umat muslim, yakni audio terjemahan Alquran dalam Bahasa Indonesia. Selain akan lebih mudah memahami makna ayat Alquran karena dibacakan menggunakan Bahasa Indonesia, suara resitasi yang didengar pun cukup familiar di telinga.

Tak mengherankan, mengingat sosok di balik pengisi suara terjemahan ayat Alquran tersebut adalah Teuku Wisnu. Aktor berdarah Aceh yang sudah membintangi sejumlah sinetron, film, dan iklan ini memang sejak beberapa tahun terakhir memutuskan untuk lebih mendalami agama. (*/okezone.com)

Tags

Berita Terkait

Close