EKONOMI & BISNIS

Sekarang, Rp 100 Ribu Bisa Investasi Saham Secara Syariah

ASSAJIDIN.COM — Membuka wawasan masyarakat mengenai manfaat investasi saham jangka pendek dan jangka panjang secara syariah, PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan ruang belajar dengan nama Sekolah Pasar Modal (SPM), di Kantor IDX Perwakilan Sumsel, Sabtu (27/04/19).

Menurut Hari, Pemateri dalam SPM mengatakan investasi selama ini dipandang hanya bagi orang-orang yang mempunyai kekayaan lebih. Namun saat ini investasi tidak demikian.  Setiap orang dapat melakukan investasi, meski dengan nilai yang kecil sekalipun.

“Investasi ialah mengelola aset atau harta agar mendapatkan hasil di kemudian hari. Banyak tujuannya, terhindar dari inflasi, menjadi aset kekayaan, kebutuhan dan keinginan, atau karena ketidakpastiaan masa depan,” kata Hari.

Investasi menurut pemahaman banyak orang sebagai judi, padahal tidak. Investasi yang dimaksud BEI merupakan saham-saham dari perusahaan yang telah banyak dikenal masyarakat itu sendiri.

Lihat Juga :  Pempek Sangat Diminati Masyarakat Inggris, Lihat Berapa Harga Jualnya di Sana

“Kalau judi itu kan seperti beli kucing dalam karung, tapi kalau investasi saham, masyarakat sendiri yang dapat memilih dan mengecek perusahaan yang menjadi tempat investasinya,” katanya.

Dia menambahkan untuk Sumsel sendiri masih tergolong rendah pemahaman masyarakat mengenai investasi. Sumsel masih pada angka 8% untuk investasi saham syariah.

“Syariah saja masih di angka 8%, apalagi konvensional. Ini karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai manfaatnya berinvestasi,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini investasi tidak lagi seperti dulu yang harus mempunyai uang puluhan juta. Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI sebagai wahananya memberikan kemudahan bagi masyarakat, dengan membuka rekening saham senilai Rp 100 ribu, masyarakat dapat menjadi investor.

Lihat Juga :  Tanpa Riba, Harta Berlimpah dan Hidup Berkah, Begini Rahasianya

“Dengan  Rp 100 ribu, masyarakat sudah bisa berinvestasi, kami ajarkan dari dasar sampai benar-benar menjadi investor,” ujarnya.

SPM akan rutin digelar oleh BEI dua kali setiap bulannya, terdapat tiga tingkatan yang akan diikuti oleh peserta SPM, mulai dari level 1 mempelajari dasar investasi, level 2 mempelajari hal umum mengenai investasi dan pembukaan rekening saham, dan level investor yang mempraktikkan langsung cara kerja berinvestasi. Informasi mengenai seputar kegiatan dapat diakses melalui media sosial Instagram @idx_sumsel.(*)

Reporter : Maya Citra Rosa

Tags
Close