KESEHATAN

Mendeteksi Gejala Penyakit, Sekarang Bisa di RS Islam Ar Rasyid, Alhamdulillah !

AsSajidin.COM, PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Mawardi Yahya menyempatkan hadir dalam acara Peresmian dan Seminar Kilinik Paliatif dan Psikosomatik dan launching Medical Check Up Center (MCU)  di Gedung Diklat Rumah Sakit Islam Ar Rasyid Palembang, Sabtu (13/4/19).

Dalam kesempatanya, H Djuliar Rasyid, pemilik sekaligus pencetus berdirinya RS Islam Ar Rasyid ini mengungkapkan bahwa MCU Center RS Islam Ar Rasyid fokus terhadap pelayanan cek kesehatan bagi masyarakat umum dan tenaga kerja yang hendak melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi.

“MCU ini berguna untuk mengecek kesehatan, mengetahui penyakit atau pun kelainan yang ada didalam diri orang sehat, sebelum ada gejala yang timbul,” ujarnya, seraya berharap agar RS Islam Ar Rasyid selalu dapat berkontribusi dalam layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Palembang dan Sumsel.

Ia menambahkan bahwa MCU yang ada di RS Islam Ar Rasyid, memiliki perbedaan dan keunggulan disbanding rumah sakit lain pada umumnya. Mulai dari alat pemeriksaan dasar sampai pada yang paling canggih, itu seperti treadmill, semua ada di MCU Center Ar-Rasyid ini. Selain itu, MCU di RS Islam Ar-Rasyid ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik bagi masyarakat maupun sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditekuni oleh tenaga kerja perusahaan atau instansi. Juga masyarakat boleh memilih dapat ditangani oleh dokter umum atau dokter spesialis.

Lihat Juga :  Tujuh Tanda-tanda Seseorang Telah Mendekati Akhir Hayatnya

“ Kan selama ini, banyak rumah sakit yang memberikan pelayanan MCU namun tidak menyediakan tempat secara khusus sehingga terpisah dari pelayanan orang sakit. “Kita semua sudah siap, semua alat Insya Allah canggih, tenaga medis semua siap, tinggal pelaksanaannya saja. Semoga pasca di launchingnya hari ini, MCU kita sudah bisa melayani masyarakat, dengan setulus hati,” ungkapnya.

Sementara itu, Wagub Sumsel H Mawardi Yahya menyatakan apresiasinya kepada RS Islam Ar Rasyid, yang selama ini telah banyak membantu masyarakat dalam layanan kesehatan. Apalagi sejauh informasi yang dia dengar, layanan RS ini cukup bagus . apalagi ditambah dengan fasilitas MCU yang seperti ini, semoga menjadi RS rujukan bagi masyarakat.

“ Saya atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengucapkan selamat atas adanya MCU ini. Semoga kedepan, masyarakat Sumsel dapat memanfaatkanya, terlebih untuk mengantisipasi gejala-gejala penyakit sebelum terlambat,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Bukan Karena Biji Cabe atau Biji Jambu, Ternyata ini Penyebab Usus Buntu yang Sering Disepelekan

Diketahui sebelumnya bahwa, dr. Erna Purbasari, MKK , Wakil Direktur RS Islam Ar Rasyid dalam satu kesempatan pernah mengatakan bahwa secara peraturan Kementerian Kesehatan, masyarakat diimbau untuk melakukan MCU, walaupun hanya bagian-bagian tertentu. Misalkan perempuan, harus melakukan pemeriksaan papsmear, kemudian mencegah agar tidak terjadinya kanker rahim dengan imunisasi. Dan laki-laki pemeriksaan treadmill pemeriksaan jantung agar terhindar dari serangan jantung atau stroke.

“Makanan minuman yang kita konsumsi dari kecil sampai sekarang, kita jadi tau berlebihan atau tidak melalui MCU ini. Pencegahannya, bisa dengan mengurangi asupan yang kurang bergizi, minum obat atau pun merubah pola hidup menjadi lebih baik. Dianjurkan umur 35 bagi laki-laki, agar terhindar dari struk,” tambah Erna.

Kedepan, RS Islam Ar-Rasyid berharap semua tenaga kerja di Sumsel dapat melakukan MCU di RS Islam Ar-Rasyid, dengan peralatan yang lengkap, tenaga medis yang fokus dan ahli dalam bidang ini, serta fasilitas gedung yang terpusat.

Reporter : Maya Citra Rosa
Editor : Jemmy Saputera

Close