MOZAIK ISLAM

One Day One Ayat; Surat Az Zariyat Ayat 56, Tujuan Allah Menciptakan Jin dan Manusia

AsSAJIDIN.COM –-One Day One Ayat kita hari ini adalah Surat Az Zariyat ayat 56.

Bacaan lengkap surat Az Zariyat ayat 56 sekaligus bacaan latin dan terjemahannya dapat disimak pada tulisan berikut:

Surat Az Zariyat Ayat 56, Tujuan Allah Menciptakan Jin dan Manusia

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Bacaan latin: Wa mā khalaqtul-jinna wal-insa illā liya’budụn

Artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku,”

Ada dua perbedaan pendapat mengenai tujuan Allah menciptakan jin dan manusia di kalangan para ahli tafsir. Mengutip pendapat Ibnu Jarir dalam tafsir Ibnu Katsir, penciptaan keduanya bukan karena Allah yang membutuhkan. Namun, semata-semata agar kedua makhluk tersebut mengakui kehambaan mereka kepada-Nya.

Lihat Juga :  Kisah Orang-orang Shalih Menghadapi Kematian

Sementara itu, menurut Ibnu Juraij makna yang dimaksud dalam ayat Al Quran di atas adalah tujuan penciptaan jin dan manusia tersebut dimaksudkan agar kedua makhluk Allah dapat mengenal-Nya.

“Agar mereka mengakui kehambaan mereka kepadaKu, baik dengan sukarela maupun terpaksa. Demikianlah menurut apa yang dipilih oleh Ibnu Jarir. Menurut Ibnu Juraij, makna yang dimaksud ialah melainkan supaya mereka mengenalKu,” tulis Ibnu Katsir.

Tafsir mengenai makna ‘agar mereka beribadah kepadaKu’ dalam surat Az Zariyat ayat 56 dimaksudkan sebagai beribadah oleh ahli tafsir Ar-Rabi’ ibnu Anas. Artinya, selain menjelaskan tujuan penciptaan jin dan manusia, ayat ini juga menguatkan perintah untuk mengingat Allah SWT dan beribadah kepadaNya.

Lihat Juga :  Gelar Rapat Teknis Peningkatan UKPBJ, Sekda Imbau untuk Mencintai Produk Dalam Negeri

Sebab itu, setiap makhluk Allah SWT baik jin atau manusia sudah sepatutnya tunduk kepada peraturanNya dan merendahkan diri di hadapanNya. Hal ini semata-mata untuk memenuhi tujuan awal dalam penciptaan jin dan manusia.

Sedikit informasi, surat Az Zariyat ini merupakan surat ke-51 dalam susunan mushaf Al Quran dan terdiri dari 60 ayat. Selain membicarakan tujuan Allah menciptakan jin dan manusia, surat ini juga mengandung sumpah dengan lima persoalan yang diakhiri dengan pernyataan bahwa janji Ilahi itu pasti terlaksana. (*/sumber: detik.kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button