KELUARGA

Mengajarkan dan Membiasakan Ananda Sholat Subuh di Masjid

AsSAJIDIN.COM — Melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid, seringkali menjadi parameter keimanan seseorang. Tak mudah memang, namun bisa. Membiasakan anak sholat subuh berjamaah, menyiapkannya menjadi generasi yang tangguh.

Seperti dalam Al Quran surat Al Isra’:78 yang berbunyi, “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula sholat Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat.”

Ketua Program Study Magister Psikologi Profesi Universitas Islam Bandung (Unisba), Ihsana Sabriani Barualogo, pernah manyatakan bahwa berbagai manfaat jika rutin dilakukan dan dibiasakan anak-anak.

Karena, banyak hal yang bisa dibangun dari shalat subuh berjamaah. Di antaranya, berdisplin soal waktu, belajar tugas dan tanggung jawab, bersilaturahim dan belajar bagaimana bersikap. “Tapi, point penting dari shalat subuh berjamaah ini adalah keteladanan,” ujar Ihsana dikutip dari Republika.co.id.

Berikut trik khusus untuk membiasakan Ananda Sholat Subuh.

Lihat Juga :  Sikap Selalu Siap dengan Musibah dan Ujian

Manajemen Waktu Tidur

Tidur menjadi poin penting Ananda untuk mengistirahatkan diri dari seabreg kegiatan selama seharian. Tak jarang Ananda akan kehilangan banyak waktu tidurnya. Oleh karenanya, orangtua harus peka terhadap waktu tidur Ananda, agar ia tak susah jika diajak bangun saat subuh.

Sebelum Tidur, Ingatkan

Sebelum Ananda akan terlelap, sebagian orangtua mungkin memberi pengantar tidur untuk Ananda. Ada yang dengan mendongeng, membacakan alkisah dan lain-lain. Sebelum, Ananda benar-benar terlelap jangan lupa ingatkan Ananda bahwa ia akan dibangunkan untuk melaksanakan Sholat Subuh berjamaah di masjid.

Berikan Reward

Tak bisa dipungkiri bahwa Ananda akan lebih terlecut semangatnya ketika diberikan reward. Tidak selalu berupa materi. Namun bisa saja dengan memberikan ia ‘bintang’ yang ditempelkan di kalender. ‘Bintang’ ini ditempelkan di tanggal dan hari dimana Ananda dapat bangun untuk melaksanakan Sholat Subuh.

Lihat Juga :  Wapres Sebut Masjid di Indonesia Capai Angka 1 Juta

Orangtua, Jadilah Contoh

Lagi-lagi orangtua juga memegang kunci penting terhadap kebiasaan Ananda di rumah. Jika orangtua terbiasa melakukan hal yang baik-baik tentu Ananda akan mencontohnya. Jika orangtua terbiasa melaksanakan Sholat Subuh tentu Ananda juga akan mencontohnya. Karena, Ananda belajar melalui apa yang dilihat oleh orang terdekatnya. Hal ini sependapat dengan Ratih Zulhaqqi, seorang psikolog dari RaQQi, yang mana Ananda akan belajar seringkali dengan cara melihat, Learning by doing, children see children do.

Dengan membiasakan Ananda untuk melaksanakan Sholat Subuh akan membiasakan ia untuk bangun pagi dan tidak bermalas-malasan dengan segala sesuatunya. Hingga ia pun dapat ber-istiqomah dalam beribadah dan menjadi pemberat amalan baik bagi kedua orangtuanya kelak. (*)

Tags
Close