NASIONAL

Peraih ASN Award Pemkot Palembang, Finka Dikenal Pemalu, Akhirnya Berani Keluar dari Zona Nyaman

ASSAJIDIN.COM — Mengikuti ajang yang dipastikan harus bisa tampil di hadapan khalayak ramai, siapa yang menyangka jika gadis cantik ini mempunyai sifat yang pemalu.

Finka Azelia (26) merupakan pemenang gadis untuk kompetisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Award 2022 yang diselenggarakan Pemerintah kota (Pemkot) Palembang melalui Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang.

Mengikuti kompetisi ini hingga menjadi pemenang rupanya cara yang dilakukan Finka untuk melawan kelemahannya tersebut, yaitu sifat pemalu.

“Kelemahan saya yang memotivasi saya untuk ikut serta pada ASN Awards ini. Saya adalah seorang yang pemalu dan tidak terbiasa tampil serta kurang percaya diri akan kemampuan yang saya miliki,” katanya.

Akhirnya, kesempatan datang ketika instansi tempatnya bekerja mempercayakan dirinya sebagai perwakilan untuk mengikuti kompetisi ASN Award 2022.

“Karena sudah dipercaya, maka saya sendiri pun seharusnya percaya pada diri sendiri bahwa setidaknya saya berani untuk menerobos zona nyaman yang saya miliki demi kepentingan organisasi,” kata gadis yang bekerja sebagai Analis Kepegawaian Ahli Pertama di BKPSDM Kota Palembang itu.

Lihat Juga :  Heboh di Medsos Kantor Ledeng Walikota Palembang Bakal "Dijual" ini Kata Pemkot Palembang

Tentu rasa percaya diri yang ia miliki untuk dapat berkompetisi tidak lepas dengan semua support dan doa dari orang tua, keluarga, dan khususnya kepercayaan BKPSDM sebagai perwakilan.

“Itu yang membuat saya semangat untuk berpartisipasi sebagai peserta hingga akhirnya terpilih menjadi salah satu pemenang. Alhamdulillah,” katanya.

Menurutnya, dalam kompetisi ini persaingannya mulai dari tahapan seleksi administrasi, penyisihan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), tahapan semifinal yang dilakukan dengan interview, unjuk bakat, serta pemaparan inovasi bagi kategori inovatif dan kreatif.

“Setelah itu para finalis melewati masa karantina hingga proses tanya jawab dan pemaparan materi pada puncak malam Grand Final,” katanya.

Sebagai peserta, sebelum mengikuti kompetisi ini dirinya juga melakukan persiapan dengan belajar materi CAT dan update mengenai isu isu terkini, konsultasi dengan atasan sebagai perwakilan dari BKPSDM untuk menambah bekal pengetahuan dan semangat serta tentunya tidak lupa selalu berdoa.

“Alhamdulillah bisa menjadi salah satu pemenang. Karena Saya belum pernah mengikuti kompetensi seperti ini sebelumnya, ini pengalaman perdana bagi saya,” katanya

Lihat Juga :  Siswa Libur Lebaran Idul Fitri Selama 2 Minggu, ini Jadwalnya

Untuk menjadi Finalis, ASN tidak harus memiliki prestasi sebelumnya. Selama prestasi kerja ASN bernilai baik dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin.

“Seluruh ASN Pemerintah Kota Palembang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi Finalis. ASN Award hadir sebagai wadah untuk ASN mencetak prestasi,” katanya.

Berstatus sebagai pemenang dengan menyandang predikat Gadis ASN Award, anak pasangan Arma Zuazla & Dastian ini tentunya diamanahi tugas selain
Selain tugas pokok dan fungsi yang melekat pada jabatan masing-masing sebagai ASN.

“Finalis ASN Palembang Awards juga harus berusaha untuk terus berprestasi dan dapat menjadi inspirasi bagi para ASN lainnya untuk bangga melayani bangsa dimanapun ditugaskan seperti yang dipesankan oleh Walikota Palembang Bapak H. Harnojoyo,” katanya. (pitria)

Data diri
Nama : Finka Azelia
Ttl : Palembang, 30 Oktober 1997
Alumni : S1 Manajemen Ekonomi Unsri
Jabatan sekarang : Analis Kepegawaian Ahli Pertama
Orang tua : Arma Zuazla & Dastian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button