PENDIDIKAN

Lewat Hoki, Kini Galih dan Tim Diperhitungkan di Kancah Nasional

AsSAJIDIN.COM — Keinginan untuk mencoba hal baru setelah lulus dari SMA mengantarkannya menjadi atlet tingkat nasional. Begitulah kini Galih Eko Raharjo. Pria manis berkumis tipis adalah anak dari sepasang orang tua yang sederhana yang bernama Surip Wiyono dan Masteni.

Galih sekarang menempuh pendidikan S1 di Univ Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dan sudah memasuki semester 7.

Galih terlahir dari keluarga yang bukan olahragawan. Karena keinginan dan rasa penasaran yang kuat untuk mencoba sesuatu hal yang baru maka timbullah tekad untuk mendalami olahraga hoki lapangan yang notabenenya sebuah olahraga yang kurang terkenal di Indonesia ini.

Galih pada saat ini menjabat sebagai Ketua Umum UKMK Hoki di UIN RF. Hoki adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang setiap pemainnya memegang stik bengkok untuk menggerakkan sebuah bola.
“Pertama kali tertarik dengan olahraga hoki itu saat masuk UIN dan terbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKMK). Jadi diajak kakak tingkat untuk ikut gabung ke UKMK hoki ini,” kata Galih yang kini menjadi orang nomor satu di UKMK Hoki.

Lihat Juga :  Jurus Menangkal Pornografi dengan Ajaran Islam
Foto: IST — Galih Eko Raharjo

Awalnya pas melihat olahraga hoki itu berbeda dari olahraga lain dan kebanyakan orang tidak tahu olahraga hockey itu seperti ap. “Kebetulan semenjak saya lulus SMA memang membuat tekad untuk mencoba mencari olahraga baru untuk digeluti. Kalo misalkan kita sudah bisa main Futsal dan Basket coba deh kita coba olahraga di luar yang orang lain bisa pilihan saya ke hoki maka dari itu saya menjadikan hokisebagai olahraga pilihan saya,” cerita Galih.

Kesan pertama, menurut Galih, hoki olahraga yang susah-susah gampang. Sempat mundur maju, mundur maju, soalnya dribling di hoki ini susah. “Jadi kalo kita tidak giat latihan itu bisa down melihat teman-teman lain yang sudah lebih jago dari kita. Peran senior di hoki juga penting karena memotivasi kita untuk terus giat berlatih,” katanya.

Buah kerja keras latihan terbayar saat tim UIN RF berhasil masuk kejurnas, mewakili Sumsel ke Cimahi Jawabarat. Galih dan timnya kini diperhiungkan di kancah nasional.

Galih makin pede mana kala bersama tim berhasil mengalahkan Papua yang merupakan juara ketiga PON tahun kemarin.
“Kejuaraan yang pertama saya ikuti itu Piala Rektor yang diadakan oleh UKMK hoki. Selain itu juga banyak kejuaraan lain yang pernah saya ikuti diantaranya di UGM, ITB dan Cimahi. Pada saat mewakili Sumsel di kejurnas itu kita datang dengan mempertahankan gengsi sebagai pendatang baru yang tidak bisa diremehkan begitu saja terutama oleh Jawa Barat yang hampir seluruhnya diisi oleh pemain timnas.
Dari keberhasilan-keberhasilan yang dicapai, Galih bertekad untuk terus berlatih.(*)

Lihat Juga :  Lima Ponpes Wakili Palembang Ikut Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

kiriman tulisan : Indah Putri

BIODATA
Nama : Galih Eko Raharjo
TTL : Palembang, 11 Maret 1998
Orangtua
Nama Ayah : Surip Wiyono
Nama Ibu : Masteni
Saudara : Riesty K.P
Hobi : Olahraga

Pendidikan
SD : SDN 26 Palembang
SMP : SMP N 22 Palembang
SMA : SMA N 11 Palembang
S1 : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Kejuaraan yang pernah diikuti
– Piala Rektor
– Ampera CUP
– IHRPT ITB
– Kejurnas Cimahi

Prestasi
– Juara 2 Piala Rektor 2017
– Juara 1 Umum Ampera Hockey CUP 2017
– Juara 3 Nasional di ITB 2017
Organisasi
– Ketua UKMK UIN RF Palembang

Tags

Berita Terkait

Close