PALEMBANG EMAS

Kenalkan Songket Palembang hingga ke Amerika Selatan

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Pada setiap Festival di Amerika Selatan Khusus Ekuador, Duta Besar RI untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono selalu mempromosikan indahnya Kain Songket Palembang.

“Kain songket Palembang itu indahnya luar biasa cantik, dan mereka sangat mengagumi itu baik berupa kain ataupun produk,” katanya saat kunjungan¬† di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (31/1/2019).

Pada September mendatang, ia akan mengundang desainer untuk membuat baju, agar kesannya tampak sangat indah. Dan akan kita buat dalam bentuk produk – produk sehingga akan membuat orang Ekuador terpukau, Karena songket tidak ada di amerika selatan.

“ini Menunjukan bahwa indonesia Negara kaya tetapi juga bersatu walaupun kita berbeda-beda, dan hasil seni kita dapat nikmati terutama amerika selatan yang paling sering dijamah. Tetapi potensial karena banyak orang Ekuador menyukai produk Indonesia,” katanya

Lihat Juga :  Wako Harnojoyo Resmikan Gedung Persada, Bisa Dimanfaatkan Masyarakat Umum

Ia juga mengatakan, hal yang dapat dipelajari warga Palembang di Ibukota Ekuador adalah budaya hidup bersih. Apalagi cita-cita Wali Kota Palembang Harnojoyo adalah membangun Palembang dengan kehidupan yang bersih.

“Di Ekuador masyarakatnya sangat menjaga kebersihan sungai. tidak ada yang buang sampah ke sungai dan hidup bersih sudah jadi bagian kehidupan, ternyata mereka sangat serius menjaga kebersihan. Meskipun taman dikunjungi oleh 10 ribu orang keluar dari sana sampah tidak ada. Wadah sampah berupa kantong plastik yang rutin diganti,” jelasnya.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo mengapresiasi apa yang diterapkan pemerintah ekuador berhubungan dan berkaitan erat dengan program yang dicanangkan Pemerintah Kota.

“Sharing ini luar biasa, jadi apa yang dilakukan pemerintah ekuador ini bisa menjadi contoh bagi kita. Jika ada kesempatan, saya akan berkunjung kesana untuk mempelajari bagaimana cara yang mereka terapkan kepada masyarakatnya. Sehingga jendela dan pintu bisa kita gunakan untuk menikmati keindahan sungai dan aliran air kita bukan lagi digunakan untuk membuang sampah, sehingga perlunya kerjasama,” katanya.

Lihat Juga :  Harnojoyo Paparan 11 Zona Pariwisata Palembang, Menteri Pariwisata Siap Kembangkan Wisata Olahraga

Harno mengatakan, dengan di perkenalkannya Songket Palembang agar dapat di terima dan dipakai di amerika Selatan.¬†“Semoga songket menjadi pakaian yang digemari masyarakat disana,” tutupnya.(*)

Reporter Tri Jumartini Ilyas

Tags

Berita Terkait

Close