PALEMBANG EMAS

7.000 Benih Ikan Patin dan Tembakang Dilepas di Sungai Musi

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM – Dikenal sebagai kota pempek yang bahan dasar pangannya terbuat dari ikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya melestarikan berbagai jenis ikan air tawar.

Bahkan ikan-ikan yang berhasil dibiakkan oleh Dinas Perikanan Kota Palembang tersebut dilepaskan kembali ke habitat mereka di sungai-sungai secara berkala, Senin (20/01/2018).

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menerangkan, sebagai kota yang dikenal dengan panganan khasnya yang berbahan dasar ikan, maka pihaknya secara berkala terus melakukan restoking atau pelepasan benih-benih ikan air tawar di sungai-sungai yang ada di Kota Palembang.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah penghasilan nelayan kita,” harapnya.

Diakuinya, dirinya berharap agar tiap Pelepasan benih ikan ini dapat didampingi oleh nelayan. Hal ini diyakininya dapat mengedukasi nelayan tersebut agar dapat menangkap ikan dengan ukuran sesuai standarnya.

Lihat Juga :  Lima Pemerintah Daerah Raih Anugerah Kompetensi Penyelenggara Pelayanan Publik

“Ya ikan yang kecil jangan juga ikut diambil. Biarkan mereka tumbuh dulu,” katanya.

Selain itu, ia mengimbau agar para nelayan dapat menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Ada undang-undangnya, bila kedapatan menangkap ikan dengan alat dan bahan berbahaya yang mengancam kelestarian ekosistem maka akan dipidana,” katanya.

Sementara itu, Kabid Penangkapan Ikan Dinas Perikanan Kota Palembang Desi Eivianti mengatakan, ada 10 ribu benih ikan yang ditebarkan. “Tujuh ribu benih ikan patin dan sisanya ikan tembakang,” tutupnya.(*)

Penulis:  Tri Jumartini Ilyas

Tags
Close